Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.

5 Penyebab Double Chin dan Cara Mengatasinya

-

Daftar Isi

Merasa kurang percaya diri karena double chin atau dagu berlipat?? Jangan khawatir, double chin bisa di atasi dengan banyak cara. Tapi sebelum itu, yuk ketahui bagaimana cara mengatasinya.

Double chin atau dagu berlipat biasa di kenal sebagai lemak submental, yaitu kondisi ketika lapisan lemak terbentuk di bawah dagu. Double chin sering di kaitkan dengan kenaikan berat badan. Tapi double chin bisa terjadi karena faktor genetik dan kelebihan lemak pada tubuh. Apa saja penyebab double chin??  Yuk simak artikel dibawah ini.

Penyebab Double Chin

Umumnyaa double chin atau dagu berlipat terbentuk karena adanya penumpukan lemak di bawah dagu. Tapi pada beberapa kondisi double chin bisa terjadi meski tidak ada penimbunan lemak.

1.Berat Badan Berlebih

Penyebab double chin yang pertama adalah kelebihan berat badan. Orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas lebih berisiko untuk mengalami double chin. Hal ini karena penumpukan lemak bisa terjadi di wajah, tak terkecuali pada area dagu dan sekitarnya.

Baca Juga: 4 Cara Atasi Flek Hitam Dengan Mudah  

2.Faktor Usia

Penyebab double chin yang pertama adalah kelebihan berat badan. Orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas berisiko mengalami double chin. Hal ini karena penumpukan lemak bisa terjadi di wajah, tak terkecuali pada area dagu dan sekitarnya.

3.Faktor Genetik

Ketika berat badan normal tapi dagu masih berlipat bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Memiliki keluarga atau orang tua yang mengalami kegemukan, akan meningkatkan resiko obesitas dan dagu berlipat pada keturunan nya.

Baca Juga: Manfaat Niacinamide Untuk Mencerahkan Kulit 

4.Masalah Kesehatan

Double chin bisa disebabkan oleh masalah kesehatan seperti tiroid, gangguan ginjal, radang kelenjar ludah, dan infeksi sinus. Biasanya double chin yang disebabkan oleh masalah kesehatan yang muncul lipatan secara tiba-tiba dan tidak ada kaitannya dengan aktifitas fisik atau pola makan.

5. Kelebihan Lemak

Penyebab paling umum dari double chin yaitu kelebihan lemak. Ketika sobat cakas mengalami berat badan berlebih, biasanya melihat lemak yang mengendap di seluruh tubuh termasuk di wajah dan di bawah dagu.

Baca Juga: Klinik Perawatan Kulit di Bandung 

Cara Atasi Double Chin

Ada beberapa cara yang bisa sobat cakas lakukan untuk menghilangkan lemak di leher dan double chin, yaitu dengan berolahraga, menjaga pola makan teratur, pola hidup sehat. Selain itu ada beberapa cara yang bisa sobat cakas lakukan seperti:

1.Perbanyak Asupan Mineral

Selain berfungsi untuk menghindari dehidrasi, air putih sangat baik untuk menstimulasi metabolisme tubuh dan membakar lemak, termasuk di bagian wajah serta leher. Selain itu, air putih bermanfaat untuk menunda penuaan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit.

Baca Juga: Cara Mudah Hilangkan Milia 

2. Mengatur Asupan Nutrisi

Nutrisi merupakan hal yang sangat penting untuk menghilangkan double chin. Selain kulit menjadi sehat, tetapi diet rendah kalori dapat membantu sobat cakas menghindari gula dan makanan berlemak lainnya. Sehingga berat badan akan menjadi lebih stabil. Kelebihan berat badan mempengaruhi kondisi di sekitar wajah. Jadi, konsumsilah makanan sehat untuk menghilangkan lemak di bagian leher.

3. Melakukan Olahraga

Berolahraga cukup efektif untuk menurunkan berat badan. Namun, belum ada penelitian yang membuktikan efektivitas olahraga tertentu untuk membantu menghilangkan double chin. Terdapat beberapa jenis olahraga yang bisa sobat cakas lakukan untuk membantu memperkuat otot dan kulit di daerah dagu, diantaranya :

  • Olahraga Menggunakan Bola

-Tempatkan bola berdiameter 20-25 cm di bawah dagu

-kemudian tekan dagu melawan bola

-Lakukan latihan ini kira-kira 20-25 kali per hari

  • Melakukan Peregangan Lidah

-Lihat lurus ke depan dan keluarkan lidah  sejauh mungkin

-kemudiann naikan ujung lidah ke arah hidung

-Tahan selama 10 detik lalu lepaskan

-Lakukan latihan ini sebanyak 5-10 kali

  • Melakukan Peregangan Rahang Bawah ke Depan

-Dongakkan kepala hingga melihat langit-langit

-Kemudian Tolehkan kepala ke kanan dan dorong rahang bawah ke depan

-Tahan selama 5-10 detik lalu lepaskan

-Lakukan gerakan yang sama dengan kepala menoleh ke kiri

  • Melakukan Peregangan Leher

– Lakukan sambil berdiri, tundukkan kepala hingga mendekati dada

– Pelan-pelan, putar kepala ke arah kanan.

– Ketika posisi kepala menengadah ke atas, tahan hingga 5 detik

– Kemudian putar lagi kepala hingga menunduk ke arah dada secara perlahan.

– Lakukan gerakan ini 10 hingga 15 kali

Baca Juga: Manfaat Treatment Facial Acne Untuk Wajah 

4. Sedot Lemak

Ketika sobat cakas sudah melakukan kegiatan di atas tapi belum ada perubahan, sobat cakas bisa mempertimbangkan untuk melakukan sedot lemak. Tapi proses sedot lemak memiliki resiko dan harus dilakukan oleh dokter.

5. Treatment RF Chubby

Radio Frequency (RF) Chubby Lebih dikenal dengan sebutan Setrika Wajah, merupakan perawatan wajah non invasif menggunakan teknologi baru modern dengan gelombang radiofrekuensi untuk menembus ke lapisan kulit bagian dalam dengan cara kerja dipanaskan dan merangsang pembentukan kolagen.

Selain atasi double chin, treatment RF Chubby berfungsi untuk membantu mengencangkan kulit yang kendur, krutan pada wajah dan membantu atasi mata panda.

Baca Juga: Bahaya Cuci Muka Dengan Sabun Mandi

Nah itu dia sobat cakas 5 penyebab double chin dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat.

Sobat cakas yang punya keluhan dengan kerutan, garis halus, mata panda, atau masalah kulit dan kecantikan lainnya, yuk segera konsultasikan dengan dokter kami di RSa Aeshtetic Clinic.

Cantik Ayu Kasep Wibawa

Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp