Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.

Selulit dan Stretch Mark Bukan Lagi Masalah, Tips Perawatan Kulit yang Aman

-

Daftar Isi

selulit

Meskipun tidak berbahaya munculnya selulit dan stretch mark bisa mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Namun, tahukah sobat cakas selulit dan stretch mark memiliki perbedaan bentuk, letak, penyebab dan cara mengatasinya. Namun, sobat cakas jangan khawatir, dengan perawatan yang tepat masalah ini bisa di atasi.

Apa Perbedaan Selulit dan Stretch Mark

Stretch mark dan selulit merupakan kulit yang umum terjadi. Meskipun tidak berbahaya, keduanya bisa menurunkan rasa percaya diri dan kecantikan kulit. Selain itu, adanya perbedaan selulit dan stretch mark juga memerlukan penangan yang berbeda.

Meskipun terlihat mirip, kedua masalah kulit ini mempunyai bentuk yang cukup berbeda. Pada umumnya, selulit memiliki bentuk yang bergelombang atau berkerut mirip dengan kulit jeruk. Namun, bentuk stretch mark (striae) di tandai dengan munculnya gurtan, kerutan, atau garis berwarna putih kemerahan yang sangat berbeda dengan warna kulit.

1. Apa itu Selulit

Selulit merupakan kondisi kulit yang umumnya muncul pada beberapa bagian tubuh seperti paha, pinggul, dan perut. Kondisi ini di sebabkan oleh penumpukan lemak di bawah kulit yang menyebabkan jaringan ikat menegang dan menciptakan rongga kecil yang memberikan tampilan seperti kulit berlekuk.

2. Stretch Mark

Stretch mark atau striae merupakan garis kecil yang muncul pada kulit ketika kulit meregang secara tiba-tiba seperti ketika pubertas, keamilan, atau peningkatan berat badan yang cepat. Biasanya stretch mark memiliki warna yang berbeda dengan warna kulit normal dan bisa muncul pada berbagai bagian tubuh.

Penyebab Selulit dan Stretch Mark

1. Faktor Keturunan / Genetik

Faktor genetik berperan penting dalam kecenderungan seseorang untuk mengembangkan selulit atau stretch mark. Jika sobat cakas memiliki anggota keluarga yang memiliki masalah ini juga bisa rentan.

2. Perubahan Berat Badan

Peningkatan berat badan yang cepat atau penurunan berat badan yang drastis bisa menyebabkan munculnya stretch mark. Kulit tidak selalu bisa menyesuaikan diri dengan cepat terhadap perubahan berat badan.

3. Hormon

Perubahan hormon seperti ketika masa pubertas, kehamilan, atau penggunaan tertentu yang bisa mempengaruhi elastisitas kulit dan meningkatkan risiko munculnya sesulit dan stretch mark.

4. Gaya Hidup dan Kebiasaan Makan

Kurang beraktivitas fisik,kebiasaan merokok, dan konsumsi makanan yang tinggi lemak dan gula bisa memperburuk kondisi kulit.

Tips Perawatan Kulit yang Efektif

1. Rajin Menggunakan Pelembap

Penggunaan pelembap secara teratur bisa membantu menjaga kelembapan kulit dan meningkatkan elastisitasnya. Gunakan pelembap yang mengandung bahan aktif seperti vitamin E, kolagen atau asam hialuronat.

2 Pijatan dan Perawatan SPA

Pijatan dengan minyak esensial atau perawatan spa bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah, merangsang produksi kolagen, dan mengurangi penampilan selulit.

3. Konsumsi Air yang Cukup

Memastikan tubuh terhidrasi dengan baik bisa membantu menjaga elastisitas kulit. Minum air putih minimal 8 gelas per hari untuk membantu menjaga kesehatan kulit.

4. Olahraga Teratur

Berolahraga bisa membantu meningkatkan sirkulasi dara, mengurangi lemak tubuh, dan memperbaiki elastisitas kulit. Olahraga seperti aerobik dan latihan kekuatan bisa dijadikan salah satu rekomendasi.

5. Lakukan Treatment Laser CO2

Melakukan treatment laser co2 menjadi salah satu solusi yang efektif untuk atasi stretch mark bisa membantu mengembalikan elastisitas kulit. Treatment ini bekerja dengan merangsang produksi kolagen, laser co2 bekerja dengan mengarahkan energi cahaya berintensitas tinggi ke area stretch mark. Proses ini memicu regenerasi jaringan kulit, membuat kulit jadi lebih kencang dan merata. Kelebihan dari treatment laser co2 yaitu bisa membantu menyamarkan perbedaan warna pada stretch mark, sehingga memberikan tampilan yang lebih merata.

Hasil perawatan laser co2 pada stretch mark bisa terlihat secara bertahap namun pada beberapa pasien melaporkan perbaikan yang cukup signifikan setelah satu sesi treatment. Meskipun kemerahan atau peradangan ringan bisa terjadi setelah sesi laser, hal ini bersifat sementara. Proses pemulihan yang cepat dan hasil yang memuaskan membuat treatment laser co2 menjadi rekomendasi untuk sobat cakas yang ingin mengatasi stretch mark tanpa melakukan prosedur yang invasif atau proses pemulihan yang lama. Namun, sebelum melakukan treatment laser co2 pastikan sobat cakas sudah melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang sudah berpengalaman.

Baca juga: 5 Cara Hilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Efektif

Dengan perawatan yang tepat, seluit dan tretch mark bisa di atasi. Selain itu, penggunaan produk perawatan kulit yang tepat dan gaya hidup sehat juga bisa membantu mendapatkan kulit yang sehat. Selalu ingat, setiap tubuh memiliki respon yang berbeda, oleh karena itu lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan perawatan. Dengan perawatan yang tepat dan konsisten, selulit dan stretch mark bisa mudah teratasi.

Cantik Ayu Kasep Wibawa

Informasi selengkapnya; 

Whatsapp : 085314650373

Instagram : RSa Aesthetic Clinic

 

Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp