Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.

Kenali 3 Masalah Kulit Karena Perubahan Hormon dan Cara Mengatasinya

-

Daftar Isi

Pada umumnya masalah kulit yang di alami setiap orang berbeda tergantung kondisi dan penyebab nya. Salah satu penyebab masalah kulit seperti perubahan hormon, faktor genetik, pola hidup yang tidak sehat, dan lainnya.

Sudah rajin melakukan perawatan namun ada saja masalah kulit yang muncul, salah satu penyebab nya yaitu hormon. Pada umumnya masalah kulit yang terjadi akibat perubahan hormon bisa terjadi pada setiap orang namun lebih rentan terjadi pada remaja.

Banyak nya kativitas yang menyebabkan kamu sering bertemu dengan banyak orang bisa menurunkan rasa percaya diri terhadap masalah kulit yang kamu alami. Oleh karena itu yuk ketahui apa saja masalah kulit yang terjadi akibat perubahan hormon, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Jerawat

Biasanya jerawat terjadi karena perubahan hormon yang terjadi ketika masa puber. Salah satu tanda yang terlihat yaitu jerawat yang muncul pada area T zone antara dahi, hidung, dan dagu. Hal ini bisa terjadi akibat fluktuasi hormon pada masa remaja ketika menjelang menstruasi. Untuk mengatasinya sobat cakas bisa menggunakan skincare dengan kandungan salicylic acid. Kandungan ini di percaya mampu membersihkan kulit tanpa menyebabkan iritasi.

2. Hiperpigmentasi / Melasma

Kondisi kulit yang menunjukan bercak kecoklatan yang menyebabkan warna kulit tidak merata yang lebih di kenal dengan melasma atau hiperpigmentasi. Umumnya melasma terjadi akibat perubahan hormon dalam tubuh terutama pada wanita. Salah satunya karena kehamilan atau konsumsi pil KB. Untuk mengatasinya sobat cakas bisa menggunakan skincare routine yang memiliki kandungan mencerahkan seperti vitamin c. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal baiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

3. Dehidrasi

Selain tubuh ternyata kulit juga bisa mengalami dehidrasi. Kulit kering biasanya di tandai dengan kulit bersisik, iritasi hingga meradang. Sedangkan kulit dehidrasi ialah kondisi ketika kulit kekurangan cairan. Sobat cakas yang memiliki masalah kulit dehidrasi bisa di atasi dengan menggunakan skincare yang bisa menghidrasi kulit secara alami. Kandungan skincare yang di percaya bisa membantu atasi kulit dehidrasi  seperti hyaluronic acid. Kandungan skincare ini bisa menjaga kandungan air dalam kulit, menghaluskan kulit, hingga anti aging.

Cara Atasi Masalah Kulit Akibat Perubahan Hormon

Banyak cara yang bisa di lakukan untuk mengatasi masalah kulit akibat perubahan hormon, salah satunya menggunakan produk perawatan/ skincare untuk merawat kulit. Cara ini cukup efektif menjaga dan melindungi kulit dari radikal bebas hingga penuaan dini. Namun sebelum menggunakan skincare pastikan kalian mengetahui apa masalah dan jenis kulit kamu agar tidak salah pilih skincare. Beberapa hal yang bisa di lakukan untuk atasi masalah kulit karena perubahan hormon di antaranya;

1. Bersihkan Wajah dengan Facial Wash

Salah satu langkah yang perlu di lakukan dalam perawatan wajah yaitu membersihkan wajah dengan facial wash sesuai jenis dan kebutuhan kulit kalian. Langkah ini bertujuan untuk membersihkan wajah dari bakteri, kotoran, dan sisa makeup yang menempel pada wajah. Bersihkan wajah dengan lembut dan lakukan pijatan dengan gerakan melingkar yang lembut agar sebum atau kotoran pada pori-pori terangkat. Kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan wajah dengan handuk lembut, hindari menggosok wajah agar tidak memicu iritasi.

2. Gunakan Pelembab dengan Tekstur Ringan

Biasanya remaja memiliki kulit yang cenderung lebih kering yang terjadi karena perubahan hormon yang menghasilkan kelenjar sebum berlebih pada wajah. Sehingga banyak yang melewatkan penggunaan pelembab karena banyak yang beranggapan menyebabkan kulit semakin kusam.

Tahukah sobat cakas, penggunaan pelembab yang tepat dan sesuai bisa membantu mengendalikan minyak berlebih di wajah. Sobat cakas bisa menggunakan pelembab dengan formulasi ringan dan berlabel oil free atau non comedogenic yang di percaya bisa membantu menjaga kesehatan kulit sejak dini.

3. Selalu Gunakan Sunscreen

Salah satu produk yang tidak boleh di lupakan ketika menggunakan skincare yaitu penggunaan sunscreen. Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari dan melindungi kulit dari radikal bebas lainnya. Gunakan sunscreen setiap 4 jam sekali agar kulit terlindungi dengan maksimal.

Rekomendasi Sunscreen dari RSa Skincare

RSa Sunscreen Oil Free Lightening

Tabir surya atau sunscreen dengan kandungan niacinamide yang bisa mencegah penuaan dini, iritasi, dan peradangan. Niacinamide di percaya bisa membantu melembapkan, menjaga, dan melindungi lapisan kulit terluar atau skin barrier dari kerusakan.

RSa Sunscreen For Acne and Oily Skin

Sunscreen dengan formulasi khusus untuk melembapkan dan merawat kulit agar tetap halus, lembut da tidak kering. Terdapat kandungan sulfur di dalamnya yang bisa membantu atasi jerawat dan bekas jerawat, mencerahkan wajah, mengecilkan pori-pori, dan mengurangi minyak berlebih pada wajah.

Mengandung titanium dioxide yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, bisa digunakan pada kulit sensitif, dan mencegah tanda penuaan dini.

Selain itu, terdapat kandungan zinc oxide yang bisa mencegah infeksi bakteri penyebab jerawat, dan mencegah terjadinya peradangan pada kulit. Kandungan yang terdapat pada suncreen for acne and oily skin by RSa Skincare bisa membantu menjaga dan melindungi kulit kalian dari paparan sinar matahari dan radikal bebas lainnya.

RSa Sunscreen III With Arbutin

Salah satu produk perawatan dari rsa skincare yang berfungsi merawat dan menjaga kulit dari paparan sinar matahari dan radikal bebas lainnya, Sunscreen dengan kandungan arbutin di dalamnya yang berfungsi sebagai lightening agent yang terbuat dari tumbuhan bearberry yang menghambat proses oksidasi enzim tyrosinase yang mampu mencerahkan dan menyamarkan garis halus pada wajah.

RSa Sunscreen With Brightening Pink 

Sunscreen dengan spf 30 dengan tekstur creamy yang cepat meresap ke dalam kulit. Serta packaging nya yang kecil sangat worth it untuk di bawa kemana saja. Selain itu terdapat kandungan niacinamide yang di percaya dapat menjaga kelembapan sekaligus mencerahkan kulit wajah kalian.

RSa Sunscreen SPF 50 Plus Whitening

Sunscreen dengan kandungan arbutin yang berfungsi untuk mencerahkan wajah tanpa menimbulkan iritasi, membantu atasi flek hitam dan penuaan, menjaga kelembapan wajah, dan mencegah penuaan dini. Serta kandungan titanium dioxide di dalamnya yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan bisa di gunakan pada kulit sensitif.

Selain menggunakan perawatan kulit, pola makan juga berperan penting untuk kesehatan kulit. Oleh karena itu konsumsi buah dan sayur dengan rutin dan penuhi asupan mineral agar tubuh terhidrasi dengan baik. Sobat cakas yang punya masalah dengan wajah kusam, penuaan, bruntusan, atau masalah kulit dan kecantikan lainnya yuk segera konsultasikan dengan dokter kami di RSa Aesthetic Clinic.

Cantik Ayu Kasep Wibawa

Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp