Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.
Perawatan Kecantikan Untuk Cerahkan Wajah dengan Mudah dan Aman

Sudah Tahukah Kalian, Ini dia 3 Cara Ampuh Atasi Wajah Breakout

-

Daftar Isi

Kondisi ketika terjadi iritasi dan mucul jerawat pada kulit atau lebih di kenal dengan breakout. Umumnya breakout bisa di sebabkan oleh banyak faktor, salah satunya penggunaan produk perawatan yang tidak sesuai jenis kulit. Breakout terjadi akibat hormon dan produksi munyak berlebih pada wajah. Pada umumnya hormon androgen seperti testosteron bisa memicu kelenjar minyak untuk memprosuksi sebum secara berlebih. Produksi minyak atau sebum berlebih di wajah bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Biasanya wajah yang mengalami breakout di tandai dengan kulit memerah yang terjadi akibat peradangan dan tumbuh banyak jerawat. Breakout biasanya lebih mudah terjadi pada usia remaja dan dewasa.

Penyebab Breakout di Wajah

1. Penggunaan Produk Skincare Tidak Tepat

Ketika menggunakan produk skincare atau produk perawatan wajah pastikan kandungan yang terdapat di dalamnya sudah sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit. Salah satu penyebab breakout dan munculnya masalah wajah lain karena kandungan skincare yang tidak cocok sehingga muncul kommedo hingga jerawat. Oleh sebab itu pastikan sobat cakas memilih produk skincare yang sesuai terlebih jika memiliki jenis kulit berminyak, sensitif, dan mudah berjerawat.

2. Kebiasaan Memencet Jerawat

Salah satu penyebab breakout yaitu sering memencet jerawat sehingga memperburuk kondisi breakout. Kebiasaan memencet jerawat atau memegang wajha dengan tangan kotor bisa menimbulkan berbagai masalah pada kulit seperti munculnya komedo, bruntusan, hingga jerawat nanah. Oleh sebab itu untuk menghindari hal tersebut hindari memencert jerawat dan memegang area wajah.

3. Pola Makan

Mengonsumsi makanan yang menyebabkan gula darah meningkat menyebabkan tubuh memproduksi insulin lebih banyak sehingga produksi sebum akan meningkat. Ketika kadar androgen (hormon steroid alami) meningkat maka produksi sebum pada wajah meningkat dan menyebabkan pori-pori tersumbat hingga muncul jerawat.

Beberapa makanan yang di percaya bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh namun masih memerlukan penelitian seperti;

  • Nasi putih
  • Minuman dan makanan manis
  • Makanan yang di olah dengan minyak
  • Olahan tepung
  • Susu
  • Kacang – kacangan

4. Dehidrasi

Selain menimbulkan dampak buruk pada kesehatan, kurang asupan mineral pada tubuh juga bisa menyebabkan breakout. Air mineral di percaya bisa membantu mengurangi jerawat dan menjaga kulit terhidrasi dengan baik. Pada umumnya ketika kulit mengalami dehidrasi produksi minyak akan meningkat sehingga memicu tumbuhnya jerawat.

5. Waktu Tidur yang Tidak Cukup

Salah satu penyebab munculnya breakout yaitu waktu tidur yang kurang atau sering begadang sehingga menyebabkan peradangan pada wajah semakin memburuk. Ketika begadang tubuh akan lelah dan mudah stres. Ketika kamu merasakan hal tersebuh maka hormon kortisol dalam tubuh meningkat dan menyebabka produksi minyak berlebih pada kulit dan kondisi jerawat semakin memburuk. Selain itu, sering begadang dan kurang tidur juga bisa meningkatkan hormon testosterone yang memicu munculnya jerawat pada dagu. Selain itu kebiasaan begadang juga bisa menurunkan kekebalan tubuh sehingga perlindungan kulit terhadap bakteri kurang optimal.

Baca Juga : Melakukan Facial Saat Wajah Berjerawat, Begini Penjelasannya

3 Cara Ampuh Atasi Wajah Breakout

Banyak cara yang bisa di lakukan untuk atasi wajah breakout seperti rutin mencuci wajah 2 kali sehari pada pagi dan malam hari, mencuci tangan sebelum menyentuh area wajah terutama area berjerawat. Hindari kebiasaan memencet jerawat karena bisa memicu peradangan hingga memperuruk kondisi breakout. Gunakan produk perawatan yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit. Selain itu agar kulit wajah tetap lembap gunakan moisturizer dengan label non-comedogenic. Kemudian jangan lupa terapkan pola hidup sehat, beristirahat yang cukup, konsumsi makanan dengan gizi seimbang agar breakout cepat mereda.

Untuk mengatasi breakout di wajah sobat cakas bisa melakukan 3 treatment yang di percaya ampuh atasi wajah breakout, simak di bawah ini.

masker wajahImage from : RSa Skincare

1. Chemical Peeling

Perawatan wajah non invasif yang di lakukan oleh dokter dengan menggunakan cairan kimia yang bertujuan untuk pengelupasan sel kulit mati. Perawatan ini menggunakan cairan kimia yang mengandung AHA, TCA, BHA, atau phenol. Tindakan chemical peeling berfungsi untuk meratakan tekstur kulit yang tidak merata akibat penumpukan sel kulit mati. Selain itu perawatan ini berfungsi untuk meredakan peradangan pada wajah dan breakout sekaligus mencerahkan kulit.

2. IPL (Intense Pulse Light)

Perawatan IPL untuk acne di awali dengan cleansing kemudian di olesi gel ultrasound. Setelah itu di tembak dengan sinar lampu xenon. IPL treatment memiliki banyak fungsi salah satunya mengatasi peradangan pada jerawat. Treatment IPL bisa membuat jerawat meradang dengan ukuran besar mengecil dan kempis.

3. Facial Acne

Salah satu perawatan yang bsia membantu atasi breakout yaitu dengan facial acne treatment. Facial yang berfungsi untuk mengeluarkan komedo, membersihkan bakteri penyebab jerawat dan mengeluarkan isi cairan jerawat. Komedo merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat oleh karena itu perlu di hilangkan. Untuk mengatasinya sobat cakas bisa melakukan facial acne atau facial lain sesuai kondisi kulit setidaknya satu bulan sekali agar kulit lebih halus dan penumpukan sel kulit mati, komedo berkurang.

Nah itu dia 3 cara ampuh yang bsia membantu atasi masalah wajah breakout, semoga bermanfaat. Sobat cakas yang mempunyai masalah dengan breakout, wajah berjerawat, bopeng, atau masalah kulit dan kecantikan lainnya yuk kosultasikan dengan dokter kami di RSa Aesthetic Clinic.

Cantik Ayu Kasep Wibawa

More info ; 

Alamat : Jl. Ciluncat No.17, Ciluncat, Kec. Cangkuang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40238

Whatsapp : 085314650373

Instagram : RSa Aesthetic Clinic

Tiktok : RSa Skincare

Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp