Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.
Pentingnya menggunakan moisturizer.

Pentingnya Menggunakan Moisturizer

-

Daftar Isi

Pentingnya menggunakan moisturizer. Belakangan ini ternyata sudah banyak orang yang peduli akan pentingnya kesehatan serta merawat kulit mereka. Produk-produk skincare atau perawatan kulit pun kini kian bermunculan. Berbagai jenis produk sesuai permasalahan kulit pun semuanya ada.

Moisturizer, menjadi salah satu produk yang penting dipakai dalam rangkaian perawatan kulit. Tapi, kalian sadar nggak sih? Kalau masih ada beberapa orang yang mengira bahwa moisturizer dan pelembab itu adalah jenis produk yang sama. Atau mungkin kalian salah satunya?

Nah, sebelum mengetahui pentingnya menggunakan moisturizer sebagai perawatan kulit, ada baiknya kalian untuk tahu apakah kedua produk skincare itu adalah jenis yang sama atau berbeda.

Perbedaan Moisturizer dan Pelembab

Pasti ada yang berpikir kalau moisturizer dan pelembab hanya beda dalam pemakaian bahasa saja. Moisturizer itu Bahasa Inggris sedangkan pelembab Bahasa Indonesia. Tapi ternyata, kedua produk skincare tersebut memiliki beberapa perbedaan loh! Walaupun memang diformulasikan untuk melembabkan kulit pada wajah, tapi yang jelas kedua produk tersebut tidaklah sama.

Berikut beberapa perbedaan yang dimiliki antara moisturizer dan pelembab yang wajib kalian ketahui.

  • Dari Segi Manfaat

Pentingnya menggunakan moisturizer akan berguna untuk seseorang dengan kulit wajah yang sedang dehidrasi. Pada dasarnya, moisturizer bekerja untuk menghidrasi serta melembabkan kulit dengan menahan kandungan air di dalam lapisan kulit. Nah, kalau kulit kalian dehidrasi maka kalian membutuhkan produk yang bisa menghidrasi serta menjaga kelembaban kulit pada saat yang bersamaan. Yang mana, moisturizer bisa mengatasi permasalahan tersebut.

Berbeda dengan pelembab, produk ini ditujukan untuk seseorang yang sudah memiliki kelembaban kulit yang alami, namun perlu dijaga kelembabannya. Jadi, selain membantu menjaga kelembaban kulit, pelembab juga bisa membantu mengatasi masalah kulit. Contohnya seperti mencerahkan, menghilangkan noda, mengatasi jerawat, dan lainnya.

  • Dari Segi Waktu Pemakaian

Waktu yang tepat untuk memakai produk moisturizer yaitu ketika kulit kalian terasa kering dan dehidrasi. Jadi, kalian dapat memakainya setiap waktu ketika diperlukan. Karena tekstur moisturizer yang lebih ringan, jadi ia lebih bisa cepat menyerap dan bekerja pada kulit wajah.

Lain halnya dengan pelembab, ada 2 jenis pelembab yang harus ada. Pelembab untuk di pagi hari dan di malam hari. Dari pembagian jenis tersebut, sudah bisa kalian ketahui kalau waktu pemakaian pelembab itu ada di pagi dan malam hari sesuai dengan aturannya. Kenapa dibagi menjadi 2 jenis, karena pelembab pagi biasanya mengandung sunscreen yang bisa melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV matahari. Kalau pelembab malam biasanya mengandung bahan aktif yang membantu menutrisi kulit wajah saat regenerasi ketika tidur malam hari.

Cara Menggunakan Moisturizer

Karena pentingnya menggunakan moisturizer, maka berikut ada beberapa langkah cara menggunakan moisturizer yang tepat.

  1. Membersihkan wajah terlebih dahulu dengan mencuci wajah
  2. Setelahnya, wajah dikeringkan dan pakai toner agar semua kotoran kulit hilang. Pastikan memakai jenis toner yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajahmu.
  3. Selesai memakai toner, barulah memakai moisturizer sesuai kebutuhan. Diawali dengan mengoleskan di beberapa titik seperti dari dagu, dahi, dan pipi.
  4. Untuk pengaplikasiannya, cukup dengan cara memutar dengan lembut dan jangan terlalu menekan serta menggosok wajah terlalu keras.

Manfaat Moisturizer untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Bagi yang memiliki kulit berminyak dan rentan berjerawat haruslah membutuhkan perawatan kulit yang khusus. Perlu memperhatikan beberapa produk skincare yang dipakai agar tidak menimbulkan masalah yang lebih parah.

Salah satu produk skincare yang bisa membantu permasalahan jenis kulit tersebut yaitu dengan menggunakan produk moisturizer. Banyak yang protes bahwa ketika menggunakan moisturizer malah makin berminyak. Padahal penggunaan moisturizer untuk kulit berminyak itu bisa menjaga kadar kelembaban wajah tetap ideal.

Dan ketika kulit wajah terhidrasi dan lembab dengan baik, kulit tidak akan memaksa kelenjar minyak untuk memproduksi sebum atau minyak berlebih, sehingga lebih terkontrol. Bisa jadi kulit makin berminyak setelah penggunaan moisturizer itu karena pengaplikasiannya yang tidak tepat. Itu artinya, kalian harus tahu pentingnya menggunakan moisturizer yang tepat.

Sama halnya dengan kulit berjerawat, jerawat bisa dihindari karena kelembaban kulit yang ideal dan produksi minyak yang lebih terkontrol dengan pemakaian moisturizer.

Jangan Lanjutkan Penggunaan Produk Moisturizer Kalau Kalian…

Seperti yang kita tahu, moisturizer itu disarankan untuk digunakan setiap hari dan setiap kali kulit kalian terasa dehidrasi. Karena pentingnya menggunakan moisturizer maka pemakaiannya juga sering, ada baiknya kalian untuk lebih hati-hati dan teliti memilih merek produk moisturizer. Banyak dari kita supaya tahu produk dengan merek apa yang cocok, sering menjajalnya gonta-ganti sampai ketemu yang tepat. Untuk itu, kalian perlu tahu ciri-ciri moisturizer yang tidak cocok untuk kulit kalian.

  • Membuat kulit kemerahan

Tanda yang seperti ini sudah jelas untuk menghentikan penggunaan moisturizer tersebut. Hal tersebut bisa terjadi kemungkinan ada komposisi bahan dari produk tersebut yang reaktif alergi dengan jenis kulit kalian.

  • Kulit jadi kering

Bahwasannya kita tahu bahwa kegunaan moisturizer itu untuk menghidrasi kulit yang dehidrasi. Kalau produk moisturizer yang kalian gunakan malah membuat kulit menjadi kering, maka segera hentikan pemakaiannya.

  • Muncul Jerawat

Untuk kalian yang dengan kulit yang mudah berjerawat ada baiknya untuk menggunakan produk moisturizer dengan kandungan yang lebih ringan dan bertekstur gel, dan pastinya harus bebas minyak. Karena moisturizer yang memiliki kandungan minyak, pada kulit mudah berjerawat akan memperparah munculnya jerawat. Karena jerawat sendiri muncul akibat produksi minyak yang berlebih pula.

Kebiasaan yang Harus Dihindari Saat Memakai Moisturizer

  • Satu moisturizer untuk seluruh tubuh. Itu adalah kebiasaan yang sangat salah. Moisturizer khusus wajah tidak boleh digunakan untuk seluruh tubuh. Jadi, jangan disama ratakan. Karena moisturizer untuk tubuh pun ada sendiri jenis dan komposisi bahannya. Lebih fatal lagi kalau moisturizer tubuh juga diaplikasikan pada wajah, padahal wajah merupakan kulit yang paling sensitif terhadap bahan yang tidak cocok.
  • Tidak memilih moisturizer sesuai jenis kulit juga adalah suatu hal yang tidak boleh untuk dibiasakan. Setiap macam produk moisturizer memiliki beberapa jenisnya sesuai dengan jenis kulit. Jadi, ketahui dahulu apa jenis kulit wajahmu baru sesuaikan dengan jenis moisturizernya.
  • Menggunakan moisturizer saat kulit lagi kering. Ini juga langkah yang salah. Memakai moisturizer haruslah dengan kondisi kulit yang lembab. Itu sebabnya ada yang namanya rangkaian skincare, jadi sebelum menggunakan moisturizer kalian sebaiknya menggunakan produk perawatan seperti serum dan lain-lain. Intinya sesuai dengan rangkaian skincare pagi dan malam.
  • Tidak lembut dalam pengaplikasian. Mengaplikasikan moisturizer secara kasar seperti digosok dan ditepuk-tepuk keras hanya akan membuat kerutan pada kulit. Oleh karena itu, pakailah moisturizer dengan lembut. Sesuai dengan ulasan cara menggunakan moisturizer di atas.

Nah itu dia pentingnya menggunakan moisturizer untuk kulit wajah kalian. Pastikan pengaplikasiannya tepat dan benar agar tidak menimbulkan bencana yang tidak diinginkan ya! Sesuaikan produk skincare terutama moisturizer yang tepat untuk jenis kulit wajah kalian.

Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp