Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.

Perawatan Kulit Kering, Ini dia Tips untuk Menghidrasi Wajah

-

Daftar Isi

Kulit kering bisa menjadi permasalahan yang cukup mengganggu dan membuat tidak nyaman. Ketika kulit kehilangan kelembapan alami dan kadar air yang menurun, bisa menyebabkan kulit terasa kencang, kasar, dan terlihat kusam. Dengan perawatan yang tepat, sobat cakas bisa menghidrasi kulit wajah dan mengembalikan kelembaban yang sehat. Apa saja tips untuk atasi kulit kering, simak selengkapnya di bawah ini.

atasi kulit kering
Perawatan Kulit Kering, Ini dia Tips untuk Menghidrasi Wajah

Tips Atasi Kulit Kering

1. Bersihkan Wajah dengan Lembut

Langkah pertama yang penting di lakukan dalam perawatan kulit kering yaitu membershkan wajah dengan lembut. Hindari penggunaan pembersih wajah yang mengandung alkohol atau kandungan lainnya yang menyebabkan kulit semakin kering. Gunakan pembersih wajah yang lembut, bebas alkohol, dan mengandung bahan melembapkan seperti aloevera, hyaluronic acid.

2. Gunakan Toner yang Melembapkan

Setelah membersihkan wajah, lanjut gunakan toner untuk melembapkan. Toner bisa membantu menghidrasi kulit dan menyeimbangkan pH kulit. Pilih toner yang mengandung bahan alami seperti rose water, chamomile yang bisa memberikan kelembapan tambahan pada kulit.

3. Aplikasikan Serum

Serum merupakan produk yang efektif untuk menghidrasi kulit kering. Pilih salah satu serum yang terdapat kandungan seperti hyaluronic acid, ceramide, atau glycerin. Kandungan ini bisa membantu menjaga kelembapan dalam kulit serta menjaga kulit terhidrasi dengan baik.

4. Gunakan Pelembap Khusus untuk Kulit Kering

Moisturizer atau pelembap merupakan salah satu langkah penting perawatan kulit kering. Gunakan pelembap yang di formulasikan untuk kulit kering dan mengandung bahan aktif untuk mengunci kelembapan seperti shea butter, minyak jojoba. Selain itu, gunakan moisturizer dengan teratur pada pagi hari sebelum menggunakan makeup, siang, sore, dan malam hari sebelum tidur.

5. Gunakan Masker Wajah

Menggunakan masker wajah bisa membantu memberikan kelembapan ekstra pada kulit kering. Sobat cakas bisa menggunakan masker dengan kandungan seperti ceramide, oatmeal, atau madu yang bersifat melembapkan dan menenangkan kulit. Gunakan masker wajah 1-2 kali dalam seminggu untuk memberikan perawatan optimal pada kulit sobat cakas.

6. Jaga Kelembapan Kulit dari Dalam

Selain perawatan dari luar, penting juga untuk melembapkan kulit dari dalam. Pastikan sobat cakas mengonsumsi air setiap hari untuk menghidrasi kulit secara menyeluruh. Minum air putih 8 gelas per hari atau sesuaikan dengan kebutuhan sobat cakas. Selain itu, perhatikan juga asupan makanan yang di konsumsi. Pilih makanan yang kaya antioksidan, vitamin, dan mineral seperti buah-buahan, sayuran hijau, dan makanan yang mengandung asam lemak omega 3. Asupan nutrisi yang baik bisa membantu menjaga kelembapan kulit dari dalam.

7. Hindari Paparan Sinar Matahari yang Berlebihan

Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa menyebabkan kulit semakin kering dan merusak lapisan perlindungan kulit. Sobat cakas yang memiliki kulit kering, pastikan untuk menggunakan tabir surya setiap sobat cakas keluar rumah, apalagi ketika cuaca panas. Pilih tabir surya dengan minimal SPF 30, semakin tinggi angka SPF maka perlindungan kulit terhadap sinar matahari semakin lama.

8. Hindari Penggunaan Produk yang Memicu Iritasi

Ketika memilih produk perawatan wajah, hindari menggunakan produk yang megandung bahan iritatif seperti alkohol, parfum, dan wewangian. Kandungan tersebut menyebabkan kulit semakin kering dan iritasi. Oleh karena itu, gunakan produk yang lembut, hypoallergenic, dan bebas dari kandungan yang mengiritasi kulit.

9. Hindari Mandi dengan Air Panas yang Berlebihan

Mandi dengan air panas yang berlebihan karena bisa menghilangkan kelembapan alami kulit. Oleh karena itu, usahakan untuk mandi dengan air hangat atau suhu yang nyaman dan hindari menggunakan sabun yang mengandung pengering. Setelah mandi, aplikasikan pelembap ke seluruh tubuh, termasuk wajah, agar kelembapan kulit tetap terjaga.

10. Lakukan Perawatan di Malam Hari

Malam hari merupakan waktu yang baik untuk memberikan perawatan intensif pada kulit kering. Gunakan moisturizer atau pelembap khusus malam yang mengandung bahan aktif yang bisa memperbaiki dan menghidrasi kulit ketika tidur. Tidur yang cukup juga penting untuk menjaga kesehatan kulit dan pastikan mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Baca Juga: Bikin Glowing, 5 Kebiasaan yang Perlu di Lakukan Setiap Pagi

Jadi, bisa di simpulkan perawatan kulit kering membutuhkan perhatian ekstra dan penggunaan produk yang tepat. Dengan langkah yang tepat, termasuk pembersihan yang lembut, penggunaan toner dan serum yang menghidrasi, serta pemilihan pelembap yang cocok sehingga bisa mengembalikan kelembapan alami kulit wajah. Jangan lupa untuk menjaga hidrasi dari dalam dengan minum air mineral minimal 8 gelas perhari dan konsumsi makanan bergizi. Dengan perawatan yang konsisten dan tepat maka perlindungan kulit akan lebih maksimal.

Cantik Ayu Kasep Wibawa

Informasi selengkapnya; 

Alamat : Jl. Ciluncat No.17, Ciluncat, Kec. Cangkuang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40238

Whatsapp : 085314650373

Instagram : RSa Aesthetic Clinic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp