Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.
Bolehkah Memakai Sunscreen Setiap Hari?

Bolehkah Memakai Sunscreen Setiap Hari?

-

Daftar Isi

Bolehkah Memakai Sunscreen Setiap Hari? – Untuk Anda yang sering beraktivitas di bawah terik matahari pasti sudah tidak asing lagi dengan sunscreen atau krim tabir surya. Secara umum, sunscreen atau krim tabir surya berguna sebagai pelindung kulit dari paparan sinar UV yang ada pada matahari.

Sunscreen seperti proteksi yang Anda gunakan ketika Anda beraktivitas di luar ruangan. Tetapi penelitian baru-baru ini mengemukakan bahwa penggunaan sunscreen atau tabir surya baik selama matahari masih ada, baik Anda berada dalam ruangan atau tidak.

Yang banyak tidak orang sadari adalah pentingnya menggunakan sunscreen pada aktivitas harian Anda. Padahal sunscreen sendiri memegang banyak peranan penting dalam kesehatan kulit wajah Anda. salah satu fungsi utama penggunaan sunscreen adalah untuk melindungi kulit dari akibat yang timbul karena dari paparan sinar matahari.

Sunscreen sendiri terdiri dari 3 jenis, physical sunscreen, chemical sunscreen dan hybrid sunscreen. Penggunaan jenis sunscreen ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan tipe kulit Anda.

Jadi bisa dikatakan sunscreen adalah pelindung Anda dari radiasi sinar matahari, lalu bagaimana untuk penggunaan di malam hari? Apakah sunscreen masih menjadi pelindung yang baik jika diaplikasikan saat matahari telah terbenam?

Apakah sunscreen boleh dipakai malam hari?

Melihat pentingnya sunscreen untuk kulit Anda, mungkin Anda bertanya-tanya apakah sunscreen boleh diaplikasikan di malam hari? Jawabannya adalah tidak. Anda tidak perlu menggunakan sunscreen saat matahari telah terbenam.

Fungsi utama dari sunscreen adalah pelindung kulit wajah Anda dari sinar matahari. Sedangkan di malam hari, sinar matahari tidak ada lagi dan hanya ada sinar dari penerangan buatan seperti lampu dan cahaya dari alat-alat elektronik.

Radiasi yang timbul hanya dari alat elektronik yang tidak mengandung sinar UV. Dari pada dengan sinar matahari, bahaya cahaya radiasi dari alat-alat elektronik dapat dikatakan masih tergolong ringan dan tidak berbahaya.

Cahaya alat elektronik sendiri tidak akan menimbulkan masalah pada kulit Anda. Sehingga penggunaan sunscreen tidak perlu diaplikasikan di malam hari.

Untuk mencegah kerusakan kulit akibat radiasi cahaya elektronik, Anda hanya perlu mengurangi durasi atau jangka waktu ketika berada di depan alat elektronik dan memberikan jarak antara layar dengan wajah Anda.

Yang perlu Anda perhatikan, penggunaan sunscreen di malam hari dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Karena sunscreen akan menutup pori-pori wajah ketika memberikan perlindungan dari sinar matahari.

Anda harus benar-benar membersihkan wajah Anda dari sunscreen ketika Anda tidur, untuk menghindari kemungkinan wajah Anda berjerawat dan pori-pori kulit yang menjadi besar.

Manfaat menggunakan Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya memegang peranan penting dalam rangkaian perawatan wajah Anda. Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika rutin menggunakan sunscreen adalah sebagai berikut:

  1.   Menghindari iritasi karena matahari

Dengan menggunakan sunscreen dan reapply setiap 4 jam sekali membuat kulit Anda terhindar dari terbakar sengatan sinar matahari. Indonesia adalah negara tropis yang kadar sinar mataharinya cukup terik. Menggunakan sunscreen akan membuat kulit Anda terhindar dari iritasi seperti terbakar karena pancaran sinar matahari.

  1.   Melindungi kulit dari Sinar Ultraviolet

Sinar UV yang terpapar secara terus menerus tentu memiliki efek negatif pada kulit. Salah satunya adalah menimbulkan tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan atau flek hitam. Bahkan beberapa penelitian mengemukakan bahwa paparan sinar matahari yang terlalu lama terhadap kulit yang tidak memiliki pelindung mampu menyebabkan kanker kulit.

Dengan menggunakan sunscreen secara rutin, Anda telah mampu mencegah hal tersebut dengan mudah.

  1.   Meratakan warna kulit

Dengan menggunakan sunscreen secara rutin dapat mencegah kulit belang karena paparan sinar matahari. Warna kulit akan lebih merata dan  tampak lebih sehat.

  1.   Memaksimalkan rangkaian skincare lain

Semahal apapun serum Anda atau sehebat apapun moisturizer Anda jika kulit Anda tidak terlindungi oleh sunscreen, semua hal itu akan menjadi sia-sia. Karena apa yang dikerjakan oleh rangkaian perawatan sebelumnya tidak dilindungi dengan baik. Jadi bisa dikatakan bahwa sunscreen memegang peranan penting dalam rangkaian skincare Anda.

  1.   Mencegah penuaan

Salah satu manfaat dari sunscreen yang tidak banyak orang ketahui adalah, sunscreen mampu mencegah kerutan yang menjadi salah satu tanda penuaan pada kulit.

Dengan mengaplikasikan sunscreen secara teratur, Anda akan mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini pada wajah Anda.

Inilah beberapa manfaat menggunakan sunscreen, sehingga Anda tidak melewatkan penggunaan sunscreen setiap hari.

Akibat tidak memakai sunscreen

Banyak sekali akibat yang Anda dapatkan ketika Anda tidak menggunakan sunscreen. Beberapa diantaranya adalah :

  1.   Terkena paparan sinar matahari secara langsung

Di jam-jam tertentu sinar matahari memang mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh, tetapi jika wajah Anda terpapar sinar matahari secara langsung dan tanpa perlindungan dari sunscreen, tentu akan menimbulkan banyak kerugian.

Karena akan merusak skin barrier Anda. kulit yang terekspos sinar matahari secara langsung akan menimbulkan banyak efek negatif. Salah satu diantaranya adalah akan menyebabkan kanker kulit.

  1.   Mengakibatkan sunburn

Kulit terbakar karena sinar matahari atau biasa yang kita kenal dengan sunburn, dapat terjadi jika Anda tidak memakai sunscreen.

Kulit tidak terlindungi sehingga sinar matahari akan langsung menyentuh permukaan kulit. Ciri-ciri sunburn umumnya berwarna merah dan perih. Dalam jangka waktu lama, kulit yang terkena sinar matahari secara langsung ini akan mengelupas dan tentu saja akan mengganggu penampilan Anda.

  1.   Timbul flek hitam

Jika Anda jarang menggunakan sunscreen, salah satu tanda yang sering muncul adalah munculnya flek hitam. Flek hitam atau sunspot sendiri merupakan hasil dari kulit yang terkena sinar matahari secara langsung.

  1.   Membuat kulit kusam

Jika Anda tidak mengaplikasikan sunscreen, secara perlahan kulit Anda akan menjadi kusam. Karena adanya perbedaan warna kulit hingga mengakibatkan warna kulit yang tidak merata.

Warna kulit tidak merata inilah yang akhirnya membuat kulit Anda menjadi kusam.

Inilah beberapa akibat ketika Anda melewati menggunakan sunscreen dalam rangkaian perawatan wajah Anda.

Apakah boleh memakai sunscreen di dalam rumah?

Anda pasti sering bertanya-tanya apakah perlu mengaplikasikan sunscreen di dalam rumah?. Ketika mendung atau matahari tampak terhalang, mungkin Anda akan melewatkan penggunaan sunscreen. Begitu juga ketika Anda berada di rumah atau di dalam ruangan sepanjang hari.

Meskipun Anda berada di dalam rumah atau ruangan, tetapi matahari masih mampu menembus kaca dari jendela atau pintu rumah Anda. Untuk menghindari efek buruk yang akan timbul, Anda tetap harus menggunakan sunscreen walaupun Anda berada di dalam rumah.

Pentingnya memakai sunscreen setiap hari pada rangkaian perawatan kulit Anda adalah untuk perlindungan kulit wajah Anda sendiri. Semahal apapun serum atau pelembab Anda, jika Anda tidak menggunakan sunscreen, maka rangkaian perawatan lain tidak akan dapat bekerja secara maksimal.

Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp