Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.
Cara Mengatasi Kulit Iritasi Karena Skincare

Cara Mengatasi Kulit Iritasi Karena Skincare

-

Daftar Isi

Cara mengatasi kulit iritasi karena skincare cukup perlu Anda ketahui. Terutama ketika rutin memakai produk perawatan. Apabila kulit sampai menunjukkan ciri-ciri tidak cocok memakai skincare, maka perlu segera diatasi sebelum semakin parah. 

Sebaliknya, kalau kulit menunjukkan cocok maka penggunaan skincare bisa dilanjutkan dengan tenang dan nyaman. Sebenarnya, ciri-ciri iritasi pada wajah biasanya cukup mudah dikenali. 

Namun, banyak orang yang salah menganggapnya sebagai purging biasa sehingga justru semakin parah. Jadi Anda harus peka ketika mengalami gangguan apabila tidak cocok dengan skincare.

Ciri-Ciri Muka Iritasi Karena Skincare

Ketika kulit cocok memakai skincare tertentu biasanya menunjukkan tanda lebih sehat, lembap, dan tidak terlalu berminyak. Namun hal ini juga bergantung pada kondisi masing-masing orang. Berikut tanda umum ketika tidak cocok memakai produk perawatan wajah.

  • Terasa Panas Terbakar

Ciri pertama ialah terasa panas terbakar. Rasa ini biasa dinamakan kondisi dermatitis kontak. Dermatitis kontak merupakan iritasi kulit yang timbul karena terpapar zat alergen, termasuk bahan kimia atau alami tertentu dalam produk skincare. 

  • Mengalami Ruam

Ruam bisa muncul karena wajah terpapar zat pengawet, pengharum maupun zat kimia dari skincare. Untuk menghindarinya, Anda bisa mengoleskan skincare pada punggung tangan terlebih dahulu. Apabila tidak ada reaksi negatif, maka bisa mencoba ke wajah.

  • Gatal-gatal

Kulit terasa gatal bisa terjadi karena pelepasan histamin setelah memakai produk skincare yang kurang cocok. Apabila memakai produk yang ternyata sudah kadaluwarsa juga bisa menyebabkan gatal-gatal. 

Cara Mengatasi Kulit Iritasi Karena Skincare Berupa Kemerahan

Ketika mengalami iritasi, kulit juga bisa menunjukkan warna kemerahan. Hal ini dapat terjadi karena adanya bahan asam salisilat dan benzoil peroksida di dalam skincare untuk jerawat. 

Wajah kemerahan akibat iritasi bisa membuat tidak nyaman, rasa percaya diri menurun. Namun Anda tidak perlu risau, berikut ini adalah cara-cara untuk mengatasi kemerahan dengan mudah.

  • Kompres Air Dingin

Cara pertama adalah dengan kompres air dingin atau es batu. Suhu dingin ini mampu meredakan kemerahan yang timbul akibat ruam atau peradangan. Namun jika memakai es batu, lapisi dahulu dengan kain bersih atau icepack ya.

  • Masker Mentimun

Cara kedua yang bisa Anda coba ialah memakai maker mentimun. Mentimun mempunyai berbagai vitamin dan mineral yang bisa membantu mengobati kemerahan. Anda cukup mengiris mentimun, mendinginkan sebentar di kulkas dan menempelkannya pada wajah.

Iritasi Kulit Wajah Karena Skincare 

Kulit manusia mempunyai beberapa tipe. Setiap tipe biasanya bisa mengalami iritasi karena pemicu yang berbeda-beda. Misalnya, kulit sensitif umumnya menghindari kandungan parfum dalam skincare.

Sementara kulit kering biasanya menghindari kandungan alkohol karena bisa menyebabkan kulit semakin kering bahkan mengelupas. Jadi, memang wajib sekali memperhatikan kandungan produk agar bisa cocok di wajah. 

Cara Mengatasi Wajah Iritasi Akibat Masker Organik

Ketika mendengar kata organik, biasanya orang akan berpikir bahwa bahan tersebut aman untuk wajah sehingga tidak akan menyebabkan iritasi apapun. Namun, kalau kandungan produk tidak cocok dengan wajah Anda, tentu tetap berpotensi menyebabkan iritasi.

Bentuk iritasi bisa berupa kulit memerah, beruntusan, gatal, kering, hingga panas. cara mengatasi kulit iritasi karena skincare masker organik ini bisa memakai air mawar. Anda juga dapat memakai toner dengan bahan dasar air mawar. 

Anda juga bisa memanfaatkan gel berbahan aloe vera untuk menenangkan iritasi. Kandungan aloe vera mampu menyegarkan dan meningkatkan ketahanan tubuh. Namun, pastikan tidak ada kandungan alkohol di dalam produk. 

Nah, kalau misalnya Anda kurang paham dengan kandungan skincare yang kira-kira cocok untuk wajah, konsultasi saja dengan pihak yang lebih berpengalaman. Agar bisa memberitahu Anda mengenai kondisi kulit dan produk yang sesuai. 

Memakai skincare yang cocok untuk wajah adalah idaman semua orang. Namun, ketika mencoba produk baru tidak jarang justru muncul iritasi. Namun, tidak perlu khawatir karena ada cara mengatasi kulit iritasi karena skincare.

Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp