Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.
Langkah-langkah Memakai Sunscreen

Langkah-langkah Memakai Sunscreen

-

Daftar Isi

Terdapat langkah-langkah memakai sunscreen yang benar supaya bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara maksimal. Di Indonesia sendiri yang mempunyai iklim tropis sangat mewajibkan masyarakat untuk rajin memakai tabir surya.

Kalau misalnya menerapkan cara yang salah, bukannya terlindung dari paparan sinar matahari namun kulit justru gosong. Padahal, sudah meluangkan waktu untuk memakai produk tersebut.

Sunscreen dapat diartikan sebagai tabir surya yang mempunyai tekstur ringan, tipis dan tidak meninggalkan bekas warna keputihan (whitecast) seperti sunblock. Krim jenis ini akan menyerap sinar matahari yang masuk ke dalam kulit.

Cara Menggunakan Sunscreen untuk Wajah

Sunscreen memerlukan waktu kurang lebih 20 menit untuk bisa benar-benar terserap ke dalam kulit. Baru kemudian bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu juga perlu dioleskan kembali beberapa kali.

Jadi, saat Anda memutuskan akan keluar ruangan oleskan dahulu sunscreen 30 menit sebelumnya. Kalau Anda langsung memakai produk ini sebelum keluar rumah, maka tidak akan mendapat perlindungan dari sinar matahari.

Kocok produk sebelum Anda menekan keluar. Tujuannya supaya semua komponen di dalamnya tercampur secara merata. Kemudian, tuangkan sesuai kebutuhan kulit. Jangan terlalu sedikit dalam mengoleskannya.

Pastikan Anda mengoleskan produk ini ke semua bagian tubuh yang berpotensi terkena sinar matahari. Kemudian oleskan kembali apabila tabir surya hilang atau luntur. Terutama setelah terkena keringat atau air.

Anda tetap harus mengoleskan kembali meskipun cuaca tidak terik. Misalnya ketika mendung atau turun hujan. Karena bahaya UVA dan UVB masih bisa menembus awan dan berpotensi menyebabkan kanker kulit.

  • Cara Memakai Sunscreen dan Moisturizer

Ketika mempunyai beberapa jenis skincare mungkin Anda kerap merasa bingung. Misalnya mau pakai eye cream atau krim malam terlebih dahulu. Mau pakai make up removal atau cleanser dahulu. Termasuk sunscreen atau moisturizer dahulu.

Nah, jawaban yang benar dalam langkah-langkah memakai sunscreen ialah moisturizer dahulu. Sunscreen dapat dianggap sebagai lapisan paling luar yang akan melindungi kulit Anda dari bahaya sinar matahari.

Kalau Anda mengaplikasikan moisturizer setelah sunscreen, maka kandungan tabir surya yang seharusnya jadi pelindung justru akan terhapus. Oleh sebab itu, tabir surya harus berada pada urutan langkah setelah moisturizer.

Karena memang fungsi utama sunscreen adalah melindungi kulit dari sinar matahari sementara moisturizer untuk melembabkan kulit. Sehingga pastikan Anda memakai tabir surya pada langkah terakhir dalam urutan penggunaan skincare.

  • Takaran Memakai Sunscreen yang Tepat

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari produk skincare, perlu memakainya dalam takaran tepat. Tentu rugi sekali dong kalau Anda sudah beli skincare mahal namun manfaatnya berkurang hanya karena salah memakai takaran.

Nah, untuk tabir surya, takaran yang tepat ialah 1 sampai 2 sendok teh untuk bagian wajah dan leher. Cara mudahnya ialah mengoleskan produk ini sebanyak dua ruas jari. Karena terlalu repot kalau harus pakai sendok teh dahulu.

  • Langkah-Langkah Memakai Sunscreen Wardah yang Benar

Salah satu merek tabir surya dengan harga terjangkau yang mudah sekali ditemukan di toko terdekat adalah Wardah. Wardah Sunscreen Gel SPF 30 cukup banyak diminati karena terasa ringan ketika diaplikasikan pada wajah.

Untuk memakai produk ini caranya sangat gampang. Cukup oleskan secara merata pada kulit bersih. Kemudian tunggu sampai 15 menit baru Anda boleh keluar dari ruangan. Kalau nanti produk ini terhapus sebab air atau keringat, oleskan kembali.

Namun, memakai skincare harus disesuaikan dengan kondisi kulit. Apakah kering, normal, berminyak atau sensitif. Untuk mendapatkan sunscreen yang sesuai, Anda bisa berkonsultasi dahulu dengan dokter.

Memang ada banyak sekali jenis skincare yang mempunyai fungsi berbeda untuk kulit wajah. Salah satunya adalah sunscreen. Selain harus menerapkan takaran yang tepat, langkah-langkah memakai sunscreen juga harus benar agar bisa mendapat hasil maksimal.

Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp