Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.

Jerawat Bukan Hanya Masalah Remaja, Penyebab Jerawat Pada Orang Dewasa

-

Daftar Isi

Jerawat remaja
Jerawat Bukan Hanya Masalah Remaja, Penyebab Jerawat Pada Orang Dewasa

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi pada remaja. Namun, jerawat juga bisa muncul pada orang dewasa yang membuat rasa percaya diri menurun. Pada umumnya, jerawat pada orang dewasa di sebabkan oleh banyak faktor. Apa saja penyebab munculnya jerawat pada orang dewasa, dan bagaimana cara untuk mengatasinya, simak selengkapnya di bawah ini.

Jerawat Pada Orang Dewasa

Biasanya jerawat pada orang dewasa tejadi pada rentan usia 25-40 tahun lebih. Jerawat pada orang dewasa di sebabkan oleh beberapa faktor yang berbeda dari jerawat remaja. Beberapa faktor yang menyebabkan munculnya jerawat pada orang dewasa, di antaranya;

1. Perubahan Hormon

Salah satu penyebab utama jerawat pada orang dewasa, terutama pada wanita. Biasanya pada wanita dewasa, fluktuasi hormon selama siklus menstruasi, kehamilan, atau menopause bisa menyebabkan jerawat. Hormon yang disebut androgen bisa merangsang produksi minyak berlebih di kulit sehingga memicu perkembangan jerawat.

2. Perawatan Kulit yang Tidak Tepat

Pemilihan produk perawatan kulit yang tidak cocok atau penggunaan produk yang terlalu berat bisa menjadi penyebab jerawat pada orang dewasa. Penggunaan kosmetik yang mengandung minyak berlebih, bahan iritasi, atau comedogenic (yang bisa menyumbat pori-pori) sehingga bisa memicu jerawat.

3. Faktor Lingkungan

Salah satu penyebab munculnya jerawat pada orang dewasa. Paparan polusi udara bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori dan meningkatkan risiko terjadinya peradangan. Sinar matahari yang berlebihan juga menyebabkan peningkatan produksi minyak pada kulit. Selain itu, cuaca yang lembap bisa memicu pertumbuhan bakteri pada kulit hingga menyebabkan jerawat.

4. Faktor Genetik

Salah satu faktor penyebab munculnya jerawat pada orang dewasa maupun remaja yaitu faktor genetik. Jika ada riwayat keluarga yang memiliki jerawat maka kemungkinan sobat cakas akan rentan terkena jerawat.

5. Gaya Hidup dan Pola Makan

Pola makan yang tidak seimbang, konsumsi makanan berlemak, makanan olahan, atau makanan dengan gula tinggi bisa mempengaruhi kesehatan kulit hingga memicu munculnya jerawat. Selain itu, kebersihan yang buruk, tidak yang kurang cukup, dan kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan jerawat.

Baca Juga: Treatment Wajah Populer untuk Dapatkan Kulit Glowing Cerah Berseri

Perlu di ingat, setiap individu memiliki kombinasi faktor yang berbeda yang bisa memicu munculnya jerawat. Ketika sobat cakas memiliki jerawat yang sulit di atasi, di sarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter yang sudah berpengalaman untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi kulit.

Langkah – Langkah Mudah Atasi Jerawat

Setelah mengetahui beberapa penyebab munculnya jerawat pada orang dewasa, beberapa langkah yang bisa di lakukan, di antaranya;

1. Mempertahankan Kebiasaan Perawatan Kulit yang Tepat

Kebiasaan perawatan kulit yang baik berperan penting untuk atasi jerawat terlebih pada orang dewasa. Membersihkan wajah secara teratur dengan pembersih yang lemut dan non-comedogenic bisa membantu menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan sisa makeup yang menyumbat pori-pori. Gunakan produk perawatan kulit yang cocok untuk jenis kulit sobat cakas dan hindari penggunaan produk yang mengandung minyak berlebih, bahan iritasi, atau comedogenic. Gunakan pelembap yang ringan dan bebas minyak untuk menjaga kelembapan kulit.

2. Hindari Kebiasaan Memencet Jerawat

Seseorang beranggapan memencet jerawat terlalu sering dengan harapan jerawat sembuh lebih cepat. Namun, ternyata bisa menyebabkan iritasi, peradangan, hingga meninggalkan bekas luka atau noda pada kulit. Jadi, hindari memencet jerawat, dan biarkan jerawat sembuh dengan sendirinya dan jangan lupa konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Perhatikan Pola Makan dan Gaya Hidup

Pola makan dan gaya hidup penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mengurangi risiko munculnya jerawat pada orang dewasa. Menerapkan pola makan sehat dengan makanan bergizi dan rendah gula bisa membantu menjaga keseimbangan hormonal dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Kurangi konsumsi makanan berlemak, makanan olahan, karbohidrat sederhana. Selain itu, pastikan mengonsumsi cukup air untuk menjaga kelembapan kulit. Gaya hidup sehat termasuk tidur yang cukup, olahraga yang teratur, dan kelola stress dengan baik bisa membantu dapatkan kesehatan kulit yang baik.

4. Lakukan Konsultasi dengan Dokter Kecantikan atau Dermatologi

Jika kondisi jerawat tidak ada perkembangan dan semakin memburuk sebaiknya konsultasikan dengan ahli kecantikan atau dermatologi. Dokter akan mengevaluasi kulit dan memberikan penanganan yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulit. Beberapa pengobatan yang di rekomendasikan seperti penggunaan skincare rutin hingga treatment. .

Baca Juga : Rahasia Bibir Sehat, Tips Terbaru Untuk Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Bibir Kamu

Jerawat pada orang dewasa merupakan salah satu masalah yang sering terjadi. Penyebab jerawat pada orang dewasa bisa disebabkan karena perubahan hormon, perawatan kulit yang tidak tepat, faktor lingkungan, dan faktor makanan. Oleh karena itu, penting untuk merawat kulit dengan baik, hindari memencet jerawat, menerapkan pola makan sehat, dan lakukan konsultasi dengan dokter. Dengan langkah perawatan yang tepat bisa membantu kamu atasi jerawat dan mendapatkan kulit yang lebih sehat dan cerah.

Cantik Ayu Kasep Wibawa

Informasi selengkapnya; 

Alamat : Jl. Ciluncat No.17, Ciluncat, Kec. Cangkuang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40238

Whatsapp : 085314650373

Instagram : RSa Aesthetic Clinic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp