Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.

Cara Hilangkan Komedo Dengan Mudah

-

Daftar Isi

Komedo merupakan proses awal terjadinya jerawat. Komedo termasuk jenis jerawat ringan, tapi jika di biarkan begitu saja bisa menyebabkan peradangan. Meski cuma berupa bintik kecil berwarna hitam atau putih, komedo tetap saja menggangu penampilan, apalagi jika sobat cakas memiliki pori wajah yang cukup besar komedo akan semakin terlihat. Oleh karena itu, sebaiknya segera mencari tahu bagimana cara menghilangkan komedo untuk mencegah munculnya jerawat.

komedo muncul ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak alami atau sebum yang berlebihan, sehingga komedo banyak di temukan pada jenis kulit berminyak. Kemunculan komedo di wajah bisa di sebabkan oleh beberapa faktor, seperti stress, penggunaan kosmetik yang tidak cocok, perubahan hormon hingga makanan.

Komedo mempunyai 2 jenis yang berbeda, yaitu komedo putih permukaan kulit terbuka serta komedo hitam yang permukaan kulit tertutup. Nah, karena perbedaan tersebut, maka cara mengatasinya berbeda. Lalu bagaimana cara menghilangkan komedo berdasarkan jenisnya? Simak artikel di bawah ini.

Cara Menghilangkan Komedo Hitam

Komedo bisa di hilangkan dengan cara sederhana seperti menekan kedua sisi yang ber komedo dengan tangan. Selain itu, komedo bisa di hilangkan dengan beberapa cara seperti:

1. Melakukan Eksfoliasi

Kandungan AHA dan BHA yang terdapat pada skincare membantu mengatasi masalah kulit kusam. Eksfoliasi bekerja dengan cara mengelupaskan lapisan kulit atas dan sel kulit mati, serta membersihkan sebum atau minyak berlebih di dalam pori-pori yang bisa menyebabkan munculnya komedo. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, di sarankan melakukan eksfoliasi 2 kali dalam seminggu.

2. Menggunakan Clay Mask

Clay mask berfungsi untuk mengatasi kulit berminyak. Mengoleskan clay mask secara teratur satu atau dua kali dalam seminggu, membantu mengatasi minyak berlebih pada kulit. Clay mask mengandung bahan aktif yang dapat menyerap lipid (zat lemak), racun, bakteri, dan virus yang bisa menyebabkan infeksi jerawat.

Clay mask bisa mengatasi masalah kulit seperti komedo, flek hitam, dan jerawat. Di sarankan menggunakan clay mask di campur dengan air panas. Karena Suhu panas dapat meningkatkan keluarnya keringat dan kelenjar minyak (sebasea).

3. Menggunakan Alat Komedo

Komedo bisa di hilangkan dengan cara manual menggunakan alat khusus penghilang komedo. Pastikan alat komedo bersih dan terjaga kehigienisannya. Agar komedo mudah dikeluarkan, uap pori-pori sekitar area ekstraksi dengan air hangat agar pori pori terbuka.

4. Lakukan Treatment / Perawatan Dokter

  • Chemical Peeling

Merupakan treatment yang berfungsi meningkatkan penampilan kulit dengan menghilangkan sumbatan pada pori-pori dan membuang sel kulit mati sehingga wajah terasa lebih halus, cerah, kencang, dan bersih dari komedo. Chemical peeling bekerja dengan larutan khusus yang di oleskan ke kulit untuk mengangkat sel kulit mati yang bisa di lakukan di klinik kecantikan terdekat.

  • Microdermabrasi

Microdermabrasi merupakan treatment yang menggunakan diamond ukuran halus yang bertujuan untuk mengangkat lapisan sel kulit mati (eksfoliasi) untuk memperbarui tekstur dan warna kulit, sangat cocok untuk mengatasi komedo hitam.

Cara Atasi Komedo Putih

Komedo putih (whitehead) adalah salah satu jenis jerawat yang terbentuk ketika sel kulit mati, minyak, dan bakteri tersumbat dalam pori-pori serta folikel rambut yang ikut terperangkap sehingga menyebabkan lapisan kulit tertutup.

1. Gunakan Skincare Yang Mengandung Asam Salsilat

Asam salsilat berfungsi untuk menurunkan produksi minyak serta menyingkirkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Biasanya asam salsilat terdapat pada toner.

2. Gunakan Facial Wash Yang Mengandung Eksfoliator

Gunakan facial wash yang mengandung scrub sehingga membantu membersihkan sel kulit mati yang menyababkan penumpukan komedo dan menyumbat pori-pori. Biar kulit tidak iritasi gunakan facial wash dengan scrub yang lembut agar tidak menyebabkan peradangan.

3. Lakukan Uap Wajah

Pori-pori yang tersumbat bisa di atasi menggunakan metode uap wajah. Caranya cukup mudah, siapkan semangkuk air hangat, kemudian dekatkan wajah agar pori-pori wjah terbuka. Lakukan proses penguapan selama 10-15 menit. Setelah itu, kompres menggunakan es batu agar pori-pori wajah tertutup.

4. Ekstraksi Komedo

Proses yang bertujuan untuk mengangkat komedo putih dengan cara mencabutnya menggunakan bantuan alat khusus dari dokter kulit. Efek samping dari proses ekstraksi komedo adalah terjadinya bekas luka pada bagian yang berkomedo.

5. Terapi Cahaya

Proses ini menggunakan bantuan cahaya. Proses ini cukup efektif menghilangkan komedo. Terapi cahaya mampu membunuh bakteri yang menyebabkan peradangan. Efek samping dari terapi cahaya yaitu membuat kulit terasa perih, berwarna merah, dan lebih sensitif ketika terkena cahaya.

Nah, itu dia cara menghilangkan komedo dengan mudah, semoga bermanfaat. Sobat cakas yang mempunyai masalah dengan komedo, yuk segera konsultasikan dengan dokter kami di RSa Aeshtetic Clinic.

Cantik Ayu Kasep Wibawa

 

Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp