Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.
Urutan Skincare yang Benar Menurut Dokter

Urutan Skincare yang Benar Menurut Dokter

-

Daftar Isi

Urutan Skincare yang Benar Menurut Dokter. Merawat diri sejak dini sangatlah penting untuk dilakukan terutama bagi para perempuan. Untuk itu, banyak sekali produk perawatan yang kulit yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Dari sekian banyaknya skincare yang bisa Anda gunakan, ternyata ada tata cara tersendiri yang perlu diperhatikan agar tidak melakukan kesalahan, karena salah urutan pemakaian skincare membuat kandungan skincare tidak bisa bekerja secara maksimal.

Urutan Skincare yang Benar Pagi dan Malam

Untuk menjaga kecantikan kulit wajah, banyak perempuan yang memilih produk dari berbagai brand dan dicampur menjadi satu. Padahal setiap brand memiliki kandungan masing-masing yang belum tentu aman Anda gunakan secara bersamaan. Oleh karena itu, mengetahui kandungan yang aman dan urutan yang tepat adalah kuncinya. Berikut adalah panduan urutan pemakaian skincare yang benar menurut dokter!

Urutan Skincare Pagi

  • Sabun Cuci Muka

Urutan pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membersihkan wajah menggunakan sabun khusus cuci muka. Anda bisa menggunakan produk cuci muka apapun yang cocok dengan wajah. Cara menggunakan yang paling tepat adalah dengan membasahi sabun cuci muka dan menggosokkan ke wajah dengan lembut dan sesekali dipijat.

Mencuci muka yang aman dilakukan dua kali dalam sehari, jangan terlalu sering mencuci muka dalam sehari karena hal tersebut akan membuat wajah menjadi kering karena kelenjar minyak terangkat secara berlebihan. Mencuci muka 2x sehari menurut dokter sudah cukup untuk membersihkan wajah dari berbagai kotoran.

  • Toner

Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan toner yang berfungsi untuk mengangkat kotoran dan minyak yang masih tersisa setelah cuci muka. Anda bisa memakai toner menggunakan kapas dan di tap-tap diwajah secara pelan. Hindari menggosok wajah dengan kapas secara kasar karena akan membuat wajah sensitif dan kemerahan.

  • Serum

Langkah selanjutnya untuk menjaga kelembaban wajah silahkan untuk memakai serum yang memiliki kandungan yang dibutuhkan wajah Anda. Serum adalah suplemen vitamin yang sangat bagus untuk wajah dan menjaga kelembaban wajah setiap hari. Gunakan secukupnya dengan menepuk ke wajah secara perlahan.

  • Moisturizer

Moisturizer adalah pelembab yang berfungsi untuk menghidrasi kulit dan sangat cocok digunakan pemilik wajah kering. Cara menggunakan moisturizer yang baik adalah dengan mengoleskan secukupnya pada wajah dan berikan sedikit pijatan untuk memperlancar sirkulasi peredaran darah pada wajah. Penggunaan moisturizer sangat penting agar skincare yang digunakan sebelumnya bisa terkunci dan bekerja secara maksimal.

  • Sunscreen / Tabir Surya

Langkah selanjutnya yang tidak boleh di skip terutama ketika siang hari adalah tabir surya / biasa dikenal dengan sebutan Sunscreen. Sunscreen adalah rangkaian terakhir yang wajib Anda gunakan setiap hari untuk melindungi wajah dari bahaya sinar matahari yang mampu membakar lapisan terluar kulit dan menyebabkan penuaan dini.

Sunscreen menjadi langkah terakhir di urutan pemakaian skincare siang hari yang mampu menjaga kulit dan bisa membuat make up menempel secara sempurna pada wajah. Meskipun manfaatnya sangat bagus untuk kesehatan dan kecantikan, namun Sunscreen masih digunakan para wanita baru-baru ini saja.

Nah, karena urutan skincare pada pagi dan malam hari berbeda maka Anda harus bisa membedakan keduanya. Ada beberapa jenis skincare yang bagus digunakan siang hari namun tidak perlu digunakan saat malam hari. Beberapa orang yang memiliki masalah pada wajah seperti jerawat, komedo, kulit kering, berminyak dan sebagainya juga membutuhkan pemakaian skincare yang berbeda.

Urutan Skincare Pemula

Apa saja skincare yang wajib digunakan oleh pemula? Tentu saja, skincare yang bisa digunakan oleh pemula adalah skincare yang aman dan tidak terbuat dari bahan-bahan yang berbahaya. Kandungan apa sajakah yang aman digunakan pemakai skincare pemula? Berikut lebih jelasnya!

  • AHA 

Apa itu AHA? AHA adalah singkatan dari Alpha Hydroxy Acid, AHA memiliki sekelompok senyawa yaitu asam glikolat, asam laktat, dan asam sitrat. Darimana kandungan AHA dihasilkan? Senyawa tersebut terkandung dalam buah-buahan yang kaya akan vitamin seperti jeruk, lemon dan bisa juga dihasilkan dari susu dan tebu.

Manfaat AHA untuk kulit wajah Anda yang paling utama adalah untuk menghaluskan kulit, membersihkan sel-sel kulit mati yang sering ada di daerah T wajah, bintik hitam, komedo dan meratakan warna kulit. Kandungan senyawa AHA biasanya digunakan pada skincare bagian toner, serum dan pembersih wajah.

  • BHA

Berbeda dengan AHA, BHA mengandung asam salisilat yang berfungsi untuk melepaskan sel-sel kulit mati secara maksimal, mengurangi minyak pada wajah dan mengatasi wajah yang rentan berjerawat. Kekuatan BHA yang mampu menembus lapisan pori membuatnya mudah memudarkan bekas jerawat dan mengurangi komedi

  • Retinol

Kandungan skincare yang aman untuk pemula selanjutnya adalah Retinol, ini merupakan senyawa yang berasal dari vitamin A yang paling sering ditambahkan pada krim wajah baik siang maupun malam. Produk yang mengandung retinol bagus untuk wajah yang mengalami garis-garis halus, bercak pada wajah, jerawat, pigmentasi, flek hitam dan lain-lain.

  • Charcoal

Tahukah Anda bahwa Charcoal atau arang sangat bagus digunakan untuk perawatan wajah. Sejak zaman Mesir, Charcoal mampu digunakan untuk detoksifikasi, menghilangkan kotoran membandel pada wajah, mengatasi komedo, dan mengecilkan pori-pori wajah. Sudah cukup banyak produk skincare yang menggunakan senyawa ini karena dipercaya sangat bagus untuk kesehatan kulit.

  • Niacinamide

Kandungan selanjutnya yang tidak kalah penting harus ada di skincare adalah niacinamide. Merupakan kandungan dari bentuk vitamin B-3 yang berperan penting untuk menutrisi wajah agar tidak mudah mengalami gangguan kulit yang sering dialami anak muda khususnya para remaja. Sehingga dalam mencari skincare pilihlah produk yang didalamnya mengandung niacinamide dan beberapa kandungan seperti diatas.

Cara Pakai Skincare agar Hasil Maksimal

Keempat kandungan diatas usahakan ada pada produk skincare yang Anda gunakan setiap hari agar hasil lebih maksimal. Nah, selain urutan dan kandungan dalam skincare, bagaimana cara pakai skincare yang tepat dan dianjurkan oleh dokter agar hasil lebih maksimal?

  1. Pahami urutan pemakaian skincare yang benar
  2. Mengetahui jenis kandungan skincare yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah kulit wajah Anda
  3. Rutin melakukan eksfoliasi kulit wajah agar memaksimalkan perawatan wajah, lakukan maksimal 2 kali dalam seminggu.
  4. Menggunakan produk yang mengandung retinoid pada malam hari agar memudahkan terjadinya pergantian sel kulit
  5. Menyimpan produk skincare dengan cara dan tempat yang tepat
  6. Tidak sering melakukan pergantian skincare dari satu merk ke merk yang lain
  7. Menggunakan riasan non-komedogenik yang ringan
  8. Tidak malas menggunakan skincare terutama saat malam hari

Itulah beberapa tips dari kami yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan wajah yang sehat dan normal karena menggunakan skincare yang tepat. Tanpa cara yang tepat, pemilihan produk skincare tidak akan berfungsi secara maksimal, jadi imbangilah keduanya. Semoga informasi tentang Urutan Skincare yang Benar Menurut Dokter di atas bermanfaat untuk Anda.

Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp