Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.

Mencuci Muka Ketika Berkeringat? Ini Jawabannya

-

Daftar Isi

Klinik cantik ratnasari. Jangan mencuci muka Anda ketika sedang berkeringat jika tidak ingin menerima risiko yang berpengaruh terhadap kebersihan, kesehatan, dan keindahan kulit wajah Anda. Sebagian orang mungkin berpikir bahwa mencuci muka adalah hal yang harus segera dilakukan ketika wajah berkeringat, entah karena cuaca panas atau karena berolahraga.

Ketahui cara mencuci muka yang benar agar tidak salah langkah. Mengingat muka merupakan bagian penting, yang biasanya akan menjadi pusat perhatian ketika berkomunikasi secara langsung. Banyak orang lebih percaya diri bertemu orang lain jika kulit wajah mereka bersih dan sehat, mungkin Anda juga termasuk salah satunya.

Saat muka berkeringat, debu dan bakteri bisa menempel. Bagaimanapun, jangan terburu-buru untuk membasuh muka Anda dengan air. Jika Anda membantah bahwa sekarang sudah ada sabun wajah anti bakteri, sebaiknya pahami dulu alasan kenapa jangan mencuci muka saat berkeringat. Oke kita simak apa Bolehkah Cuci Muka Saat Berkeringat berikut ini.

Alasan Jangan Cuci Muka saat Berkeringat

Bolehkah Cuci Muka Saat Berkeringat? Tahukah anda saat kita melakukan aktivitas olahraga, atau hal lain yang cukup berat, maka tubuh secara otomatis akan menghangat dan pembuluh darah melebar? Itu menyebabkan aliran darah menjadi lebih intens sehingga kulit akan mengeluarkan cairan berupa keringat yang berfungsi untuk mendinginkan tubuh.

Anda yang sangat peduli dengan kesehatan dan kebersihan wajah sebaiknya memberi perhatian khusus jika wajah sudah mulai berkeringat. Tentu saja ketika kulit wajah berkeringat dan bercampur dengan debu, minyak, maupun bakteri bisa berisiko munculnya jerawat.

Masalah lainnya adalah ketika pori-pori terbuka saat wajah berkeringat, mencuci muka yang tidak tepat justru bisa menyumbat pori-pori dengan kotoran yang sedang menempel di wajah. Belum lagi jika Anda memutuskan mencuci menggunakan sabun pencuci muka, kulit bisa menjadi lebih kering.

Bagaimana Cara Mencuci Muka yang Benar

Kita sudah tahu jawaban atas pertanyan Bolehkah Cuci Muka Saat Berkeringat. Sekarang kita juga harus Mengetahui cara mencuci muka yang benar akan membantu kalian dalam memberikan perawatan terbaik untuk wajah. Ketika sobat cakas sedang berkeringat dan ingin segera mencuci muka, lakukan hal berikut:

1.Tunggu Sampai Wajah Kering

Langkah pertama yang harus di lakukan, tunggu keringat pada wajah mengering dengan sendiri. Hindari menggosok wajah yang berjerawat karena di khawatirkan kotoran akan masuk ke pori-pori akibat gesekan yang terjadi.

2. Pastikan Tangan dalam Kondisi Bersih

Sebelum mencuci wajah, pastikan tangan dalam kondisi bersih. Bersihkan tangan di bawah air mengalir agar tidak ada bakteri atau debu yang menempel. Langkah ini penting dilakukan untuk mencegah bakteri pada tangan berpindah ke wajah.

3, Basuh Wajah dengan Air Bersih

Jika keringat pada wajah sudah kering dan tangan dalam kondisi bersih, selanjutnya basuh wajah dengan air bersih dan pastikan tidak panas dan tidak dingin. Gunakan air suhu normal agar tidak memperlebar maupun menyempitkan pori-pori wajah yang sedang kotor.

4. Gunakan Facial Wash/ Sabun Wajah

Gunakan facial wash atau sabunyang aman untuk membersihkan wajah. Pastikan kalian menggunakan facial wash sesuai jenis dan kebutuhan kulit kalian. Pada umumnya facial wash di formulasi khusus untuk menjaga kekenyalan kulit sehingga tidak kering. Kemudian pijat wajah dengan lembut agar kotoran pada keringat yang sudah kering bisa terangkat. Setelah itu bilas wajah dengan air agar pori-pori tertutup.

5. Selanjutnya Keringkan Wajah dengan Handuk

Setelah melakukan serangkaian mencuci wajah di atas, keringkan wajah denganhanduk bersih. Hindari menggosok wajah terlalu keras, cukup tepuk-tepuk handuk ke wajah secara perlahan. Dengan begitu, air akan terserap pada handuk dengan sendirinya tanpa menggesek kulit wajah dengan keras.

Mencuci muka ketika wajah berkeringat merupakan salah satu kesalahan. Setelah mengetahui alasan kenapa jangan mencuci muka saat wajah berkeringat, serta cara mencuci wajah yang benar ketika berkeringat, sobat cakas perlu mengetahui kesalahan lain ketika mencuci wajah. Mungkin saja kalian sering melakukan kesalahan sehingga menyebabkan kulit wajah tidak bisa bersih secara maksimal.

Kesalahan yang Salah dalam Mencuci Wajah Namun jarang di Sadari

1. Mencuci Wajah Terlalu Sering

Mencuci wajah yang baik adalah sehari dua kali. Jika mencuci wajah terlalu sering dilakukan dalam sehari, maka kulit akan menjadi kering. Jika kulit menjadi kering, produksi minyak akan meningkat. Itu adalah respon alami agar kulit wajah tidak menjadi kering.

Namun, produksi minyak yang banyak bisa menyebabkan berbagai masalah seperti salah satunya adalah jerawat. Selain itu, make up natural hasilnya juga kurang maksimal jika di aplikasikan pada wajah kering dan berminyak.

2. Kebiasaan Mencuci Wajah Terlalu Lama

Selain mencuci muka terlalu sering, mencuci secara tidak efektif dan terlalu lama juga merupakan salah satu kesalahan mencuci wajah yang jarang di sadari. Mencuri wajah yang efektif cukup 20 hingga 30 detik saja. Terlalu lama juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering sehingga mencuci terlalu lama tidak berdampak pada kebersihan kulit.

3. Membasuh Wajah dengan Air panas

Air panas tidak baik untuk mencuci wajah karena bisa menyebabkan wajah menjadi iritasi. Temperatur yang panas bisa membuat pembuluh darah melebar, bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan halus. Biasanya mencuci wajah dengan air hangat disarankan untuk Anda setelah memakai masker. Pastikan air tersebut hanya hangat biasa dan tidak panas.

Meski mencuci wajah dengan air panas tidak baik, mencuci wajah dengan air dingin juga tidak begitu disarankan karena bisa menutup pori-pori. Anda sebaiknya menggunakan air dengan suhu normal.

4. Menggosok Wajah dengan Handuk

Menggosok wajah dengan handuk setelah mencuci wajah merupakan salah satu kesalahan yang sering di lakukan banyak orang. Sobat cakas cukup menepuk handuk bersih dengan lembut ke wajah agar air terserap ke benda tersebut. Jika menggosoknya, bisa menyebabkan terjadinya eksfoliasi yaitu pengelupasan.

5. Penggunaan Sabun Wajah yang Tidak Sesuai Jenis dan Kebutuhan Kulit

Facial wash atau sabun wajah yang tidak sesuai dengan jenis kulit termasuk salah satu kesalahan dalam mencuci wajah. Penting untuk mengetahui apakah kulit cenderung kering, berminyak, lembap, berjerawat, atau lainnya. Gunakan sabun muka yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit agar kesehatan wajah tidak dirusak. Memilih sabun yang sesuai degan jenis kulit wajah juga bisa bermanfaat memperbaiki masalah kulit yang terjadi.

6. Hanya di Bersihkan dengan Air

Mencuci wajah merupakan hal yang penting dalam merawat kesehatan dan kebersihan. Namun, sobat cakas jangan berpikir bahwa mencuci wajah saja sudah cukup untuk membuat kulit wajah tetap sehat. Sebaiknya segera gunakan pelembab ketika wajah sudah kering usai dicuci.

Buat sobat cakas yang tinggal di wilayah perkotaan dengan cuaca panas dan banyak polusi, perlu usaha lebih untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit wajah.  Namun, sobat cakas yang berada di wilayah Cangkuang, Soreang Kabupaten Bandung lebih beruntung karena ada RSa Aesthetic Clinic yang menyediakan berbagai perawatan dan produk skincare. Selain itu, kalian bisa melakukan konsultasi mengenai perawatan wajah yang cocok dengan jenis dan masalah kulit yang terjadi, semoga bermanfaat.

Cantik Ayu Kasep Wibawa
Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp