Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.

Harus Tahu, Ini dia Ciri Skincare Kedaluwarsa dan Pengaruhnya Untuk Kulit

-

Daftar Isi

Pada umumnya setiap produk memiliki batas waktu penyimpanan. Oleh karena itu selain memilih produk sesuai jenis kulit juga penting memperhatikan tanggal kedaluwarsa produk yang akan di gunakan. Biasanya tanggal kedaluwarsa tercantum pada produk agar pengguna tidak melewati batas yang di tentukan karena bisa memberikan dampak negatif. Umumnya produk perawatan kulit yang sudah di buka bisa di gunakan sekitar 6 bulan- 1 tahun. Ketika produk perawatan kedaluwarsa maka khasiat di dalamnya akan berkurang hingga hilang. Jika sudah kedaluwarsa dan tetap di gunakan berisiko menyebabkan iritasi pada kulit seperti kulit gatal, muncul ruam, hingga mata bengkak.

Biasanya produk skincare cukup awet di simpan dalam waktu lama. Namun, ada beberapa produk yang tidak mencantumkan tanggal kedaluwarsa dengan jelas. Bagaimana ciri-ciri skincare kedaluwarsa?, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Perubahan Warna

Biasanya produk yang telah kedaluwarsa akan mengalami perubahan warna yang terjadi karena terkontaminasi bakteri, jamur, atau paparan sinar matahari. Sebaiknya hindari penggunaan produk yang warna nya berbeda ketika kamu pertama membelinya.

2. Berjamur

Salah satu yang bisa di jadikan ciri produk kedaluwarsa yaitu jamur. Biasanya produk perawatan mengandung pengawet untuk membantu mengontrol bakteri atau jamur. Ketika produk perawatan muncul jamur sebaiknya tidak di gunakan karena bisa menimbulkan masalah baru pada kulit.

3. Tekstur yang Berubah

Perubahan tekstur produk juga perlu di waspadai, misalnya produk lotion yang terasa seperti butiran, berlendir, atau lebih encer dari biasanya, produk krim yang menjadi lebih encer, lebih pekat, atau lebih kasar. Oleh karena itu sebelum menggunakan produk perawatan pastikan belum melebihi tanggal kedaluwarsa atau setidaknya sobat cakas tahu tanda produk kedaluwarsa.

4. Berbau Tidak Sedap

Tanda lain dari produk yang sudah tidak layak di gunakan yaitu berbau yang beda dari biasanya. Muncul bau tidak sedap dan mengganggu, jika sudah seperti ini jangan di gunakan lagi ya.

Bahaya Menggunakan Skincare Kedaluwarsa

Beberapa risiko yang terjadi ketika sobat cakas menggunakan skincare kedaluwarsa di antaranya;

  • Memicu iritasi kulit seperti perih, memerah, dan mengelupas
  • Kulit terbakar matahari jika menggunakan sunscreen kedaluwarsa
  • Infeksi kulit seperti bernanah, kemerahan, bintik-bintik, gatal, dan terasa nyeri

Nah itu dia ciri skincare kedaluwarsa dan pengaruhnya untuk kulit, semoga bermanfaat. Sobat cakas yang punya masalah dengan wajah kusam, bruntusan, penuaan dini dan masalah kulit kecantikan lainnya, yuk segera konsultasikan dengan dokter kami di RSa Aesthetic Clinic.

Cantik Ayu Kasep Wibawa

Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp