Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.

Harus Tahu! Ini Dia 5 Benda Yang Tidak Boleh di Pinjamkan

Daftar Isi

Bertukar barang pribadi dengan orang lain merupakan salah satu penyebab munculnya penyakit. Bakteri yang berasal dari diri sendiri atau dari orang lain bisa merugikan kedua belah pihak dan menyebabkan kondisi kesehatan menurun. Pada umumnya, bakteri yang menempel pada permukaan kulit bisa menyebabkan infeksi hingga menimbulkan luka.

Banyak cara yang bisa di lakukan untuk mencegah munculnya bakteri atau penyakit lain yang bisa menular. Salah satunya menghindari penggunaan barang dengan orang lain terutama penggunaan barang pribadi. Ketika kamu bertukar barang pribadi dengan orang lain bisa menjadi media untuk berpindahnya berbagai mikroorganisme penyebab penyakit seperti bakteri, jamur, atau virus. Apa saja barang pribadi yang sebaiknya di pinjam atau menggunakannya bersama? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Alat Rias

Salah satu masalah yang akan terjadi jika kamu menggunakan alat rias bersama yaitu munculnya infeksi terutama bagian sekitar mata. Infeksi mata yang yang bisa terjadi seperti konjungtivitis yang menular melalui alat rias terutama pada bagian mata. Misalnya eyeliner, mascara, atau penjepit bulu mata. Ketika alat rias yang kamu pinjamkan pada pemilik wajah berjerawat atau terluka akan menjadi sarang kuman. Ketika alat tersebut di gunakan maka kuman akan berpindah hingga bertambah lebih banyak.

2. Lipstik

Biasanya kaum wanita saling bertukar lipstik atau pelembab bibir. Namun, ternyata hal tersebut bisa berbahaya untuk kesehatan karena berpotensi menularkan penyakit dan meningkatkan risiko penularan penyakit herpes.

Pada umumnya virus herpes di sebarkan melalui air liur dan kontak kulit langsung. Ketika seseorang yang terkena infeksi menggunakan lipstik atau pelembab bibir maka partikel virus akan menempel pada lipstik kemudian menular ke orang lain yang menggunakan lipstik tersebut.

3. Handuk

Penggunaan satu handuk pada beberapa orang bisa meningkatkan risiko pertukaran kuman di antara orang yang menggunakan handuk tersebut. Pastikan sobat cakas membawa handuk sendiri ketika menginap atau bepergian untuk mengurangi risiko penularan virus.

Menggunakan handuk yang sama bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi jamur, terlebih ketika sebelumnya di gunakan oleh orang yang mempunyai riwayat penyakit infeksi kulit.

4. Spons Mandi dan Sabun Batang

Selain handuk, menggunakan sabun batang dan spons mandi bersamaan bisa menularkan bakteri. Oleh karena itu, jika ada tamu atau teman kalian yang menginap di rumah sebaiknya tawarkan sabun cair.

5. Sisir

Menggunakan sisir bersama dengan orang lain bisa menularkan kutu atau kurap pada kepala. Selain itu, penggunaan aksesoris rambut seperti jepit, ikat rambut juga bisa menularkan infeksi jamur pada kulit kepala.

Nah itu dia 5 barang pribadi yang sebaiknya tidak di pinjamkan kepada orang lain. Namun jika kamu terlanjur meminjamkannya pastikan mencuci bersih barang tersebut dengan air hangat sebelum di gunakan untuk me minimalisir penularan kuman, bakteri, dan virus yang menempel pada permukaan benda tersebut, semoga bermanfaat.

Sobat cakas yang punya masalah dengan alergi, dermatitis, atau masalah kulit dan kecantikan lainnya, yuk segera konsultasikan masalah kamu dengan dokter kami di RSa Aesthetic Clinic.

Cantik Ayu Kasep Wibawa

Klinik RSa Aesthetic