Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.

Seputar Penggunaan Tabir Surya untuk Wajah yang Jarang di Ketahui

-

Daftar Isi

Agar  kulit kamu terlindungi dari paparan sinar matahari dengan maksimal, ada beberapa langkah yang harus di lakukan ketika menggunakan sunscreen. Pada dasarnya, kita hidup di wilayah dengan iklim tropis yang menyarankan masyarakat untuk menggunakan tabir surya.

Menggunakan tabir surya dengan cara yang salah bisa menyebabkan kulit kamu gosong. Pada umumnya, sunscreen atau tabir surya mempunyai tekstur ringan, tipis dan tidak meninggalkan bekas putih (white cast). Tabir surya merupakan produk perawatan kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Pada umumnya tabir surya bisa di gunakan pada wajah dan bagian tubuh lainnya, namun idealnya di gunakan pada wajah. Hal ini terjadi karena kulit wajah cenderung lebih tipis dan sensitif dari bagian kulit lainnya. Oleh karena itu kulit wajah rentan terjadi masalah kulit seperti kemerahan, iritasi, hingga penuaan dini.

Cara Mudah Gunakan Tabir Surya di Wajah

  • Dikarenakan banyaknya jenis tabir surya sehingga cara penggunaannya juga berbeda. Tabir surya dengan tekstur cair atau lotion pastikan kalian mengocok nya terlebih dahulu sebelum di gunakan agar kandungan yang terdapat di dalamnya tercampur dengan baik.  Sedangkan tabir surya dengan bentuk spray sebaiknya semprotkan terlebih dahulu pada tangan kemudian ratakan pada seluruh wajah. Hindari menyemprot langsung pada wajah.
  • Aplikasikan tabir surya pada wajah 15-30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Hal ini di lakukan agar kandungan aktif pada tabir surya terserap dengan baik dan wajah terlindungi dengan maksimal.
  • Sobat cakas bisa menggunakan tabir surya pada bibir seperti lip balm.

Hal yang Perlu di Perhatikan Ketika Menggunakan Sunscreen

Tabir surya atau sunscreen terdiri dari beragam jenis sesuai kebutuhan kulit kalian. Meskipun begitu, menggunakan sunscreen pada setiap jenis kulit tetap sama. Sunscreen bisa di lakukan setelah membersihkan wajah dan menggunakan produk perawatan kulit atau skincare seperti pelembab, serum, atau toner wajah. Menggunakan skincare setelah menggunakan sunscreen bisa menyebabkan sunscreen luntur dan tidak maksimal. Oleh karena itu sebaiknya sunscreen di gunakan setelah menggunakan rangkaian skincare kemudian bisa di lanjutkan menggunakan make up. Langkah yang bisa di lakukan untuk menggunakan sunscreen dengan baik di antaranya;

1.Gunakan Sunscreen dengan SPF Minimal 30

Sun protection factor atau SPF merupakan suatu ukuran berapa lama sinar UVB yang di butuhkan untuk memberikan efek terbakar pada kulit. Semakin tinggi nilai SPF maka perlindungan terhadap sinar UVB akan meningkat. Perlindungan dari sinar UVB dari sunscreen berbeda tergantung kandungan SPF di dalamnya.

  • Sunscreen SPF 15 melindungi kulit dari 93% paparan sinar UVB
  • SPF 30 melindungi kulit dari 97% paparan sinar UVB
  • Sunscreen SPF 50 melindungi kulit dari 98% paparan sinar UVB
  • SPF 100 melindungi kulit dari 99% paparan sinar UVB

2. Gunakan Sunscreen 15-30 Menit Sebelum Beraktivitas di Luar

Sunscreen memerlukan waktu untuk bisa menyerap ke dalam kulit dan memberikan perlindungan maksimal. Gunakan sunscreen 15-30 menit sebelum sebelum beraktivitas di luar ruangan agar terserap baik untuk melindungi kulit.

3. Gunakan Sunscreen dengan Dosis yang Sesuai

Pastikan sobat cakas menggunakan sunscreen dengan benar 2 ruas jari, 1 jari telunjuk dan 1 jari tengah. Oleskan sunscreen pada permukaan wajah  dengan gerakan memutar searah jarum jam, namun hindari area mata karena bisa menyebabkan mata perih.

4. Reapply Sunscreen Setiap 4 Jam Sekali

Seiring berjalannya waktu, sunscreen perlahan akan memudar karena produksi minyak dan keringat yang di hasilkan secara alami oleh tubuh. Oleh karena itu, agar sunscreen bekerja dengan maksimal, reapply sunscreen setiap 4 jam sekali.

Nah itu dia beberapa cara menggunakan sunscreen yang bisa sobat cakas lakukan, semoga bermanfaat. Sobat cakas yang punya masalah dengan wajah kusam, bruntusan, berjerawat, penuaan dini, atau masalah kulit dan kecantikan lainnya, yuk segera konsultasikan dengan dokter kami di RSa Aesthetic Clinic.

Cantik Ayu Kasep Wibawa

Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp