Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.

Mencerahkan Kulit, Treatment Perawatan Wajah untuk Atasi Hiperpigmentasi

-

Daftar Isi

Kulit cerah dan bercahaya merupakan keinginan setiap orang. Salah satu masalah yang sering terjadi dan cukup mengganggu yaitu hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi merupakan kondisi ketika melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit di produksi secara berlebih pada beberapa area kulit. Hal ini menyebabkan perubahan warna kulit yang tidak merata. Namun, sobat cakas tidak perlu khawatir karena banyak cara yang bisa di lakukan utuk mengatasi hiperpigmentasi dan membuat kulit menjadi lebih cerah.

hiperpigmentasi
Mencerahkan Kulit, Treatment Perawatan Wajah untuk Atasi Hiperpigmentasi

 

Penyebab Hiperpigmentasi

Sebelum menegatahui bagaimana mengatasinya, penting untuk mengetahui apa saja penyebab munculnya hiperpigmentasi. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan hiperpigmentasi di antaranya;

1. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari berlebih bisa merangsang produksi melanin, sehingga menyebabkan penumpukan pigmen pada area tertentu dan terbentuknya bintik gelap.

2. Perubahan Hormon

Fluktuasi hormon dalam tubuh bisa mempengaruhi produksi melanin dan menyebabkan hiperpigmentasi. Contohnya seperti melasma, salah satu jenis hiperpigmentasi yang sering terjadi pada wanita hamil atau yang menggunakan kontrasepsi hormonal. Perubahan hormon juga bisa terjadi selama menopause.

3. Luka atau Inflamasi

Jerawat, peradangan, atau luka pada kulit bisa memicu produksi melanin berlebihan sehingga menyebabkan hiperpigmentasi post-infalamasi.

4. Penuaan Kulit

Seiring bertambahnya usia, kulit cenderung mengalami perubahan termasuk peningkatan produksi melanin. Hal ini bisa menyebabkan munculnya hiperpigmentasi atau bintik gelap pada kulit.

5. Faktor Genetik

Pada beberapa orang, ada yang memiliki kecenderungan genetik untuk alami hiperpigmentasi. Sobat cakas yang memiliki riwayat keluarga dengan hiperpigmentasi, ada kemungkinan rentan terhadap kondisi ini.

Perlu di ketahui setiap individu memiliki faktor penyebab yang berbeda dan kombinasi dari faktor tersebut bisa mempengaruhi perkembangan hiperpigmentasi pada kulit. Sobat cakas yang mengalami hiperpigmentasi yang cukup mengganggu sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter yang berpengalaman pada bidangnya untuk memberikan rekomendasi perawatan yang sesuai.

Treatment Perawatan Wajah untuk Atasi Hiperpigmentasi

Beberapa rekomendasi treatment perawatan wajah yang cukup efektif untuk atasi hiperpigmentasi di antaranya;

1. Terapi Laser

Salah satu metode yang populer untuk atasi hiperpimentasi yaitu terapi laser. Laser bisa menghancurkan melanin yang berlebih dalam lapisan kulit, sehingga mengurangi bintik gelap serta meratakan warna kulit. Terdapat banyak jenis laser yang bisa di gunakan, seperti laser CO2 fractional, dan laser NdYag. Prosedur ini di lakukan oleh dokter yang sudah berpengalaman pada bidangnya untuk dapatkan hasil yang optimal.

2. Chemical Peeling

Treatment chemical peeling menggunakan cairan khusus untuk mengelupas lapisan atas kulit. Bahan kimia ini bekerja dengan menghilangkan sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang lebih cerah dan merata. Proses ini bisa membantu mengurangi hiperpigmentasi dan meningkatkan penampilan kulit.

3. Produk Perawatan

Menggunakan produk pemakaian untuk mencerahkan kulit, ada beberapa perawatan yang bisa membantu atasi hiperpigmentasi. Salah satunya, serum vitamin C yang bersifat antioksidan yang bisa membantu mencerahkan kulit dan mengurangi produksi melanin berlebih. Selain itu, penggunaan tabir surya dengan SPF tingga sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa memperburuk hiperpigmentasi.

Tips Perawatan Untuk Atasi Hiperpigmentasi

1. Gunakan Tabir Surya Setiap Hari

Melindungi kulit dari sinar matahari merupakan kunci utama untuk atasi hiperpigmentasi. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal SPF 30, semakin tinggi angka SPF maka perlindungan kulit semakin lama. Selain itu, jangan lupa gunakan aksesoris seperti kacamata hitam, topi, atau perlindungan lain ketika terpapar sinar matahari secara langsung.

2. Menjaga Kelembapan Kulit

Pastikan untuk menggunakan pelembap atau moisturizer yang sesuai jenis dan kebutuhan kulit sobat cakas. Kulit yang terhidrasi dengan baik bisa membantu atasi perubahan warna dan hiperpigmentasi.

3. Hindari Merokok dan Alkohol

Kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol juga bsia memperburuk kondisi kulit, termasuk hiperpigmentasi. Hindari kebiasaan merokok dan minum alkohol karena bisa memberikan dampak buruk pada kulit dan kesehatan.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Nutrisi yang tepat penting untuk kesehatabyang tepat berperan penting untuk kesehatan kulit. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan yang mengandung omega 2 yang bisa membantu memperbaiki kondisi kulit.

Baca juga: Skincare dengan Kandungan Semangka Bikin Wajah Glowing, Begini Penjelasannya

Hiperpigmentasi bisa menjadi masalah yang mengganggu banyak orang. Tetapi dengan perawatan wajah yang tepat, bisa membantu mencerahkan kulit. Treatment perawatan wajah seperti laser, chemical peeling, penggunaan skincare, dan perawatan lainnya bisa membantu atasi hiperpigmentasi dengan efektif. Selain itu, jangan lupa menggunakan tabir surya, menjaga kelembapan kulit, menghindari kebiasaan merokok dan alkohol, serta konsumsi makanan sehat untuk membantu atasi hiperpigmentasi.

Cantik Ayu Kasep Wibawa

Informasi selengkapnya; 

Alamat : Jl. Ciluncat No.17, Ciluncat, Kec. Cangkuang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40238

Whatsapp : 085314650373

Instagram : RSa Aesthetic Clinic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp