Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.

Melawan Tanda Penuaan, Ini dia Tips Mencegah dan Atasi Kerutan pada Wajah

-

Daftar Isi

Kerutan adalah tanda penuaan yang umum terjadi pada kulit. Pada beberapa kasus, seiring bertambahnya usia kerutan akan muncul. Selain itu, faktor lain seperti paparan sinar matahari berlebih, polusi, dan radikal bebas lainnya juga bisa menyebabkan munculnya kerutan. Apa itu kerutan, ada berapa jenis kerutan yang bisa terjadi, dan bagaimana cara mencegah dan mengurangi kerutan, simak selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Kerutan

Lipatan kecil pada permukaan kulit atau di kenal dengan kerutan biasanya terlihat pada wajah, leher, tangan dan kaki. Kerutan atau garis halus pada wajah ketika bertambah usia merupakan hal yang wajah. Namun, pada sebagian orang beranggapan kerutan di wajah membuat penampilan terlihat lebih tua. Ada beberapa faktor yang bisa memcepat munculnya kerutan seperti paparan sinar matahari berlebih, polusi, faktor genetik, dan lainnya.

tanda penuaan di wajah
Melawan Tanda Penuaan, Ini dia Tips Mencegah dan Atasi Kerutan pada Wajah

Jenis – Jenis Kerutan

Pada umumnya, kerutan terdiri dari 2 jenis yaitu kerutan statis dan kerutan dinamis. Kerutan statis akan terlihat meskipun wajah dalam keadaan diam. Sedangkan kerutan dinamis akan muncul ketika seseorang melakukan ekspresi wajah tertentu. Kerutan di sebabkan oleh faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari, polusi, dan merokok. Kerutan statis muncul secara alami seiring usia, faktor lingkungan juga bisa mempercepat munculnya kerutan. Sedangkan kerutan dinamis muncul ketika seseorang melakukan ekspresi wajah tertentu ketika tersenyum, mengernyitkan dahi, atau lainnya. Jenis kerutan dinamis biasanya terlihat di daerah otot wajah bergerak. Seperti area sekitar mata, mulut, atau dahi. Namun, kerutan dinamis bisa menjadi kerutan statis jika di biarkan tanpa perawatan.

Cara Mencegah dan Mengurangi Kerutan dan Penuaan

Meskipun kerutan pada kulit merupakan hal alami yang terjadi seiring bertambahnya usia, namun ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mencegah dan mengurangi munculnya kerutan. Beberapa tips yang bisa di lakukan untuk mencegah kerutan di antaranya;

1. Gunakan Tabir Surya Setiap Hari

Sinar matahari adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan kerutan pada kulit. Oleh karena itu, menggunakan tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. Gunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 dan aplikasikan 20 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Semakin tinggi angka spf maka perlindungan kulit terhadap radikal bebas semakin lama.

2. Rutin Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah dengan rutin bisa membantu hilangkan kotoran dan minyak berlebih yang bisa menyebabkan kerutan. Gunakan pembersih wajah yang lembut dan hindari penggunaan sabun atau produk yang mengandung alkohol karena bisa membuat kulit menjadi kering dan merusak skin barrier.

Baca Juga : Skincare dengan Kandungan Semangka Bikin Wajah Glowing, Begini Penjelasannya

3. Konsumsi Makanan yang Kaya Antioksidan

Makanan dengan antioksidan tinggi seperti buah-buahan dan sayuran hijau bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, antioksidan juga bisa membantu meningkatkan produksi kolagen yang di perlukan untuk menjaga elastisitas kulit.

4. Hindari Rokok

Selain tidak baik untuk kesehatan, rokok bisa menyebabkan kerusakan pada kolagen dan elastin dalam kulit yang mempercepat terjadinya kerutan. Oleh karena itu, hindari merokok, jika kamu perokok mulai berusaha untuk berhenti.

5. Berolahraga dengan Rutin

Olahraga dengan rutin bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membantu menjaga kesehatan kulit. Berolahraga bisa membantu memperbaiki kerusakan sel dan membantu produksi kolagen yang bisa menjaga kulit tetap kenyal.

6. Lakukan Perawatan atau Treatment

Sobat cakas yang memiliki masalah dengan kerutan pada wajah, lakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Kalian bisa melakukan beberapa perawatan untuk membantu mengurangi kerutan seperti filler, botox, atau treadlift.

Nah itu dia tips yang bisa di lakukan untuk mencegah dan atasi kerutan anti penuaan, semoga bermanfaat. Mencegah dan mengatasi kerutan pada wajah bisa di lakukan dengan berbagai cara yang mudah dan sederhana. Jaga kulit tetap terlindungi dari sinar matahari, radikal bebas, penuhi asupan nutrisi yang tepat, dan menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh. Dengan melakukan hal tersebut sobat cakas bisa menjaga kulit tetap terlihat muda dan sehat.

Cantik Ayu Kasep Wibawa

More info

Alamat : Jl. Ciluncat No.17, Ciluncat, Kec. Cangkuang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40238

Whatsapp : 085314650373

Instagram : RSa Aesthetic Clinic

Tiktok : RSa Skincare

Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp