Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.

Makeup untuk Kulit Berminyak, Tips Tahan Lama dan Anti Kilap

-

Daftar Isi

Makeup untuk Kulit Berminyak, Tips Tahan Lama dan Anti Kilap

Kulit berminyak sering menjadi tantangan tersendiri dalam merias wajah. Makeup bisa cepat luntur dan wajah tampak berkilap. Namun, dengan tips yang tepat, kamu bisa membuat makeup tahan lama dan bebas kilap sepanjang hari. Berikut adalah beberapa tips yang bisa sobat cakas coba:

1. Persiapan Kulit yang Tepat

Sebelum mulai merias wajah, pastikan kamu sudah membersihkan wajah dengan baik. Membersihkan wajah dengan pembersih yang di formulasikan khusus untuk kulit berminyak akan membantu menghilangkan kotoran dan minyak berlebih yang bisa menyumbat pori-pori. Setelah itu, aplikasikan toner yang dapat membantu mengontrol produksi minyak serta menyeimbangkan pH kulit. Jangan lupa untuk menggunakan pelembap bebas minyak (oil-free) yang ringan agar kulit tetap terhidrasi tanpa menambah minyak berlebih. Pelembap ini juga akan membantu makeup menempel lebih baik dan tahan lama.

2. Primer adalah Kunci

Primer adalah langkah penting yang sering di abaikan, tetapi memiliki peran besar dalam membuat makeup lebih tahan lama. Pilihlah primer dengan formula mattifying yang bisa membantu mengontrol kilap dan membuat permukaan kulit lebih halus. Primer ini juga membantu mengecilkan tampilan pori-pori, sehingga foundation dapat di aplikasikan dengan lebih merata dan tidak mudah luntur. Aplikasikan primer di seluruh wajah, fokuskan pada area T-zone yang biasanya lebih berminyak, seperti dahi, hidung, dan dagu.

3. Foundation Bebas Minyak

Foundation dengan formula bebas minyak adalah pilihan terbaik untuk kulit berminyak. Biasanya foundation ini memiliki kemampuan untuk mengontrol minyak dan memberikan hasil akhir matte yang tahan lama. Gunakan foundation dengan coverage yang sesuai kebutuhanmu, apakah itu sheer, medium, atau full coverage. Aplikasikan foundation dengan menggunakan sponge atau brush untuk hasil yang lebih merata dan flawless. Teknik aplikasi yang tepat juga akan membantu menghindari penumpukan produk yang bisa membuat wajah tampak cakey.

4. Bedak Tabur untuk Setting

Setelah mengaplikasikan foundation, gunakan bedak tabur (loose powder) untuk mengunci makeup dan mengontrol kilap. Pilih bedak tabur dengan formula yang ringan dan translucent agar tidak mengubah warna foundation. Aplikasikan bedak dengan menggunakan brush besar untuk hasil yang halus, dan fokuskan pada area yang cenderung berminyak seperti T-zone. Bedak tabur akan membantu menyerap minyak berlebih dan menjaga makeup tetap fresh sepanjang hari.

5. Blotting Paper sebagai Penyelamat

Selalu bawa blotting paper dalam tasmu sebagai senjata rahasia untuk mengatasi kilap di tengah hari. Blotting paper bisa menjadi penyelamat ketika wajah mulai tampak berminyak. Cukup tekan-tekan blotting paper di area yang berminyak, tanpa perlu menggesek, untuk mengurangi kilap tanpa merusak makeup. Ini akan membantu menjaga tampilan makeup tetap segar tanpa perlu touch-up berlebihan.

6. Setting Spray untuk Finishing

Untuk memastikan makeup benar-benar tahan lama, semprotkan setting spray yang khusus untuk kulit berminyak sebagai langkah terakhir. Setting spray ini akan membantu mengunci seluruh makeup dan memberikan hasil akhir yang matte. Pilih setting spray dengan kandungan yang dapat mengontrol minyak dan mengurangi tampilan pori-pori. Semprotkan dari jarak yang cukup agar merata di seluruh wajah.

7. Pilih Produk Makeup yang Tepat

Pemilihan produk makeup yang tepat juga sangat penting untuk kulit berminyak. Pilih produk makeup seperti blush, bronzer, dan eyeshadow dengan formula powder daripada cream. Produk berbasis powder cenderung lebih tahan lama di kulit berminyak dan tidak akan menambah kilap. Selain itu, produk powder biasanya lebih mudah di aplikasikan dan di-blend, memberikan hasil akhir yang lebih natural.

8. Rutin Perawatan Kulit

Selain makeup, perawatan kulit yang rutin juga penting untuk mengontrol minyak berlebih. Gunakan masker tanah liat (clay mask) seminggu sekali untuk membantu menyerap minyak dan membersihkan pori-pori. Clay mask di kenal efektif dalam mengangkat kotoran dan sebum yang menyumbat pori-pori. Jangan lupa untuk menggunakan produk perawatan kulit lainnya yang sesuai dengan jenis kulitmu, seperti serum yang mengandung niacinamide untuk mengurangi produksi minyak dan memperbaiki tekstur kulit.

baca juga : Makeup Full Seharian, 4 Cara Menjaga Kulit Bebas Jerawat Setelah Berdandan Seharian

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu bisa menikmati makeup yang tahan lama dan bebas kilap sepanjang hari. Selamat mencoba!

Cantik Ayu Kasep Wibawa

Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp