Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.

Ketahui Apa Saja Penyebab dan Bagaimana Cara Atasi Blackhead dengan Mudah

-

Daftar Isi

Blackhead atau komedo hitam merupakan salah satu jenis jerawat yang terjadi karena penyumbatan sebum (minyak) dan sel kulit mati yang menumpuk. Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang jika tidak segera di atasi akan sulit di hilangkan. Ketika pori-pori terbuka dan sebum (minyak) yang tersumbat akan teroksidasi sehingga warnanya akan menghitam.

Beberapa faktor yang bisa menyebabkan blackhead ketika tubuh memproduksi keringat terlalu banyak, iritasi pada folikel rambut, adanya bakteri penyebab jerawat. Selain itu perubahan hormon yang menyebabkan produksi minyak meningkat ketika menstruasi, dan konsumsi obat-obatan tertentu. Bagaimana cara mengatasi blackhead atau komedo hitam? Simak selengkapnya di bawah ini.

Komedo bisa di hilangkan dengan cara sederhana seperti menekan kedua sisi yang ber komedo dengan tangan. Selain itu, komedo bisa di hilangkan dengan beberapa cara seperti:

1. Melakukan Eksfoliasi

Kandungan AHA dan BHA yang terdapat pada skincare membantu mengatasi masalah kulit kusam. Eksfoliasi bekerja dengan cara mengelupaskan lapisan kulit atas dan sel kulit mati, serta membersihkan sebum atau minyak berlebih di dalam pori-pori yang bisa menyebabkan munculnya komedo. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, di sarankan melakukan eksfoliasi 2 kali dalam seminggu.

2. Menggunakan Clay Mask

Clay mask berfungsi untuk mengatasi kulit berminyak. Mengoleskan clay mask secara teratur satu atau dua kali dalam seminggu, membantu mengatasi minyak berlebih pada kulit. Clay mask mengandung bahan aktif yang dapat menyerap lipid (zat lemak), racun, bakteri, dan virus yang bisa menyebabkan infeksi jerawat.

Clay mask bisa mengatasi masalah kulit seperti komedo, flek hitam, dan jerawat. Di sarankan menggunakan clay mask di campur dengan air panas. Karena Suhu panas dapat meningkatkan keluarnya keringat dan kelenjar minyak (sebasea).

3. Menggunakan Alat Komedo

Komedo bisa di hilangkan dengan cara manual menggunakan alat khusus penghilang komedo. Pastikan alat komedo bersih dan terjaga kehigienisannya. Agar komedo mudah dikeluarkan, uap pori-pori sekitar area ekstraksi dengan air hangat agar pori pori terbuka.

4. Lakukan Treatment / Perawatan Dokter

  • Chemical Peeling

Merupakan treatment yang berfungsi meningkatkan penampilan kulit dengan menghilangkan sumbatan pada pori-pori dan membuang sel kulit mati sehingga wajah terasa lebih halus, cerah, kencang, dan bersih dari komedo. Chemical peeling bekerja dengan larutan khusus yang di oleskan ke kulit untuk mengangkat sel kulit mati yang bisa di lakukan di klinik kecantikan terdekat.

  • Microdermabrasi

Microdermabrasi merupakan treatment yang menggunakan diamond ukuran halus yang bertujuan untuk mengangkat lapisan sel kulit mati (eksfoliasi) untuk memperbarui tekstur dan warna kulit, sangat cocok untuk mengatasi komedo hitam.

Nah itu dia beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mengatasi komedo hitam (blackhead) di wajah dengan mudah, semoga bermanfaat. Sobat cakas yang punya masalah dengan komedo, bruntusan, jerawat, flek hitam, atau masalah kulit dan kecanikan lainnya, yuk segera konsultasikan dengan dokter kami di RSa Aeshtetic Clinic.

Cantik Ayu Kasep Wibawa

Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *