Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.

Jarang Disadari, Ini dia Kebiasaan Yang Bikin Bibir Kering dan Pecah-Pecah

-

Daftar Isi

Salah satu masalah yang umum terjadi yaitu bibir pecah-pecah. Kondisi ini bisa terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Jika tidak segera di atasi bisa menyebabkan menurunnya kondisi kesehatan dan menyebabkan rasa percaya diri menurun. Kulit bibir bisa pecah-pecah, mengelupas, berdarah, dan menjadi gelap.

Bibir memiliki lapisan kulit yang transparan dan sangat tipis serta tidak memiliki kelenjar minyak sehingga mudah kering dan retak. Kondisi ini terjadi karena kurangnya pelembab pada bibir sehingga sobat cakas perlu melakukan perawatan agar bibir tetap sehat. Salah satu perawatan yang bisa di lakukan untuk merawat kesehatan bibir seperti menggunakan lip balm, gunakan lidah buaya, oleskan madu agar bibir tetap lembab. Apa saja faktor yang meningkatkan bibir kering dan pecah-pecah? Simak selengkapnya di bawah ini.

Kurang Minum Air Putih

Pada umumnya bibir akan mengalami pergantian sel kulit yang lebih cepat dari anggota tubuh lain sehingga rentan mengalami kekeringan dan dehidrasi. Terutama ketika beraktivitas di luar ruangan atau ruangan ber AC pastikan asupan mineral terpenuhi agar kelembaban alami bibir terpenuhi.

Sering Menjilat Bibir

Menjilat bibir sering dilakukan tanpa disadari untuk membasahi bibir yang kering dan memberikan sensasi lembap tapi bersifat sementara. Namun, kandungan enzim yang di hasilkan bibir berfungsi untuk membantu tubuh mencerna makanan. Ketika air liur kontak langsung dengan udara sehingga ari liur menguap dan menyebabkan bibir kering mengelupas.

Mengonsumsi Makanan Asin Berlebih

Salah satu penyebab bibir kering dan pecah pecah yaitu terlalu banyak konsumsi makanan asin. Garam yang terkandung di dalam makanan asin bersifat menahan air sehingga kelembapan alami bibir terserap. Selain itu, makanan pedas juga bisa menyebabkan iritasi dan menyebabkan bibir kehilangan kadar air.

Selain kebiasaan di atas, pastikan sobat cakas menggunakan pelembab bibir yang sesuai jenis kulit, semoga bermanfaat. Sobat cakas yang punya keluhan seputar kulit dan kecantikan lainnya yuk segera konsultasikan dengan dokter kami di RSa Aeshtetic Clinic.

Cantik Ayu Kasep Wibawa

Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp