Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.

Jangan di Garuk, Ini dia Cara Atasi Kulit Kering dan Gatal

-

Daftar Isi

Tahukah sobat cakas, jangan anggap sepele kulit kering dan gatal. Hindari menggaruk kulit kering dan gatal karena bisa menimbulkan la hingga infeksi, terlebih jika kondisi ini di sebabkan oleh alergi. Banyak faktor yang bisa menyebabkan kulit kering seperti menurunnya kelembapan kulit akibat produk perawatan yang tidak cocok. Selain itu bahan pakaian yang tidak tepat bisa membuat kulit gatal, tidak menggunakan pelembab, hingga terlalu lama berendam di air dengan suhu panas bisa menyebabkan kulit kering.

Umumnya seseorang dengan tipe kulit kering rentan terkena iritasi dengan gejala yang biasanya muncul berupa gatal, panas, hingga terbakar. Ketika hal ini terjadi pastikan sobat cakas tidak menggaruk nya karena bisa menyebabkan infeksi hingga terkena eksim dan dermatitis. Sobat cakas yang memiliki jenis kulit kering dan gatal bisa melakukan beberapa tips di bawah ini.

1. Gunakan Pelembab dengan Rutin

Menggunakan produk pelembab bisa membantu atasi kulit kering dan gatal. Selain itu produk pelembab relatif lebih cepat atasi kulit kering karena mengandung vitamin d dan mineral yang banyak. Sobat cakas bisa menggunakan pelembab setelah mandi, mencuci muka atau setelah mencuci tangan. Gunakan pelembab yang ringan dan tidak mengandung zat iritatif seperti parfum, pewarna untuk menghindari kulit kering.

2. Pilih Sabun Sesuai dengan pH Kulit

Tahukah sobat cakas, ternyata kandungan pH pada beberapa jenis sabun ada yang tidak sesuai dengan kebutuhan ideal kulit lho. Umumnya pH sabun batang berkisar antara 9 hingga 10 sedangkan kulit memiliki pH 4 hingga 5. Oleh karena itu penggunaan sabun batang secara rutin bisa menyebabkan pH kulit terlalu tinggi hingga memperburuk kondisi kulit kering menjadi gatal.

Sobat cakas bisa menggunakan sabun mandi dengan bahan dasar ringan, dengan label hypoallergenic atau untuk kulit sensitif. Umumnya pada beberapa orang sering mengalami kulit kering dan gatal ketika bersentuhan dengan wewangian yang bisa di temukan pada sabun atau detergen. Selain itu, pastikan sobat cakas mandi dengan air dingin atau hangat, hindari mandi dengan air panas karena bisa mengikis kelembapan kulit.

3. Aloe Vera

Banyak manfaat yang di hasilkan dari lidah buaya, baik untuk rambut, hingga kulit. Banyak yang beranggapan aloe vera bisa di jadikan moisturizer untuk kulit kusam. Kandungan vitamin, nutrisi, dan mineral yang terkandung dalam gel lidah buaya di percaya bisa melembapkan kulit kering.

Nah itu dia beberapa cara yang bisa di lakukan untuk membantu atasi kulit kering dan gatal. Jika cara di atas sudah di lakukan namun gatal tak kunjung hilang sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter, semoga bermanfaat.

Cantik Ayu Kasep Wibawa

Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *