Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.

Ini dia Penyebab dan Cara Mudah Atasi Jerawat Punggung

-

Daftar Isi

Selain muncul pada wajah, jerawat bisa muncul pada bagian tubuh lain seperti punggung. Penyumbatan pori-pori kulit bisa menyebabkan bakteri berkumpul di bawah kulit. Selain penumpukan minyak berlebih, kotoran, dan sel kulit mati penyebab jerawat punggung bisa terjadi karena beberapa faktor risiko lain.

1. Kurang Menjaga Kebersihan Area Tubuh

Salah satu penyebab jerawat pada tubuh terutama punggung karena kurang nya menjaga kebersihan area tubuh. Pada umumnya, area tubuh bagian belakang cenderung tertutup, lebap, mudah berkeringat sehingga bakteri mudah berkembang biak dan menumpuk. Jarang mandi dan malas mengganti kaos yang basah bisa menyebabkan area tubuh belakang semakin kotor sehingga kotoran, sel kulit mati, dan sebum akan menumpuk dan menjadi jerawat.

2. Keringat Berlebih Pada Tubuh

Area tubuh yang berkeringat dan tidak di bersihkan dengan baik bisa menyebabkan sel kulit mati dan kotoran menumpuk sehingga memicu timbulnya jerawat. Pastikan kalian menjaga kebersihan tubuh dengan rajin mandi dan berganti pakaian agar bakteri penyebab jerawat dan penyakit tidak muncul.

3. Gesekan Kulit Pada Barang atau Pakaian

Pada beberapa kondisi, gesekan kulit dengan pakaian atau benda bisa menyebabkan kulit iritasi  hingga muncul jerawat. Misalnya kulit bergesekan dengan rambut, ransel, terutama pakaian ketat. Jika tidak segera di atasi kondisi kulit yang sering bergesekan bisa iritasi dan menimbulkan bakteri penyebab jerawat berkembang biak.

4. Faktor Hormon

Ketidakstabilan hormon bisa menimbulkan berbagai masalah pada kulit salah satunya jerawat. Pada umumnya hormon yang berubah ketika pubertas, menstruasi, atau kehamilan menyebabkan wanita rentan alami jerawat terutama di punggung.

5. Faktor Genetik

Salah satu penyebab jerawat punggung yaitu faktor genetik. Ketika orang tua memiliki jenis kulit rentan berjerawat, maka tidak menutup kemungkinan hal tersebut akan di turunkan.

3 Cara Mencegah Jerawat Punggung

Pada beberapa kondisi, jerawat bisa di cegah dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, beberapa cara yang bisa di lakukan untuk atasi jerawat punggung di antaranya

1.Menjaga Kebersihan Tubuh

Salah satu cara yang bisa di lakukan untuk mencegah jerawat dan munculnya bakteri yaitu menjaga kebersihan tubuh. Setelah beraktivitas seharian tubuh akan mengeluarkan keringat dan menyebabkan munculnya jerawat punggung. Oleh karena itu, pastikan kalian mandi dan membersihkan tubuh dengan benar setelah beraktivitas terlebih setelah berolahraga agar masalah kulit tidak muncul.

2.Gunakan Pakaian Yang Nyaman, Hindari Pakaian Ketat

Gunakan pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat agar keringat tidak menyumbat folikel rambut dan tidak memicu jerawat punggung. Sobat cakas di sarankan hindari menggunakan pakaian terlalu ketat karena menyebabkan kulit sulit bernafas dan produksi keringat pada kulit meningkat.

3. Ikat Rambut

Pada umumnya, rambut yang tergerai hingga ke punggung bisa memicu timbulnya jerawat di punggung. Kotoran dan minyak pada rambut bisa berpindah kemudian masuk ke dalam pori-pori kulit punggung. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, sobat cakas yang memiliki rambut panjang di sarankan mengikat rambut ketika sedang beraktivitas.

Cara Mudah Atasi Jerawat Punggung

Selain menjaga kebersihan area tubuh, jerawat punggung bisa di atasi dengan melakukan perawatan atau treatment di klinik kecantikan. Salah satu treatment yang bisa di lakukan untuk atasi jerawat punggung yaitu IPL (Intense Pulsed Light.

Intense Pulsed Light atau IPL adalah jenis perawatan kulit yang berfungsi untuk rejuvenasi kulit menggunakan cahaya lampu xenon dengan intensitas tinggi. Perawatan ini bertujuan untuk meremajakan kulit sehingga wajah tampak muda dan segar.

Beberapa manfaat lain dari IPL di antaranya, mengatasi masalah jerawat, mengatasi masalah penuaan, menyamarkan kerutan pada wajah. Selain itu IPL juga bermanfaat untuk merontokkan rambut halus pada area yang tidak di inginkan.

Nah itu dia penyebab dan cara mudah atasi jerawat punggung, semoga bermanfaat. Sobat cakas yang punya masalah dengan jerawat punggung, jerawat bau, atau masalah kulit dan kecantikan lainnya, yuk segera konsultasikan dengan dokter kami di RSa Aesthetic Clinic.

Cantik Ayu Kasep Wibawa

Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp