Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.

Ini Dia Makanan Pemicu Jerawat Meradang

-

Daftar Isi

Meskipun jerawat meradang bukan masalah yang serius jerawat ini bisa mengganggu penampilan dan menimbulkan rasa sakit ketika di sentuh. Jerawat meradang terjadi ketika area di bawah komedo memerah dan terjadi peradangan. Jerawat meradang biasanya muncul ketika sobat cakas melakukan cara yang salah untuk menghilangkan jerawat, seperti memencet jerawat atau sering menyentuh nya menggunakan tangan kotor, dan sering mengonsumsi makanan yang memicu timbulnya jerawat.

Makanan apa yang bisa memicu jerawat  dan makanan apa saja yang baik di konsumsi untuk mencegah terjadinya jerawat?. Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Atasi Kerutan dan Garis Halus di Wajah dengan Botox Treatment 

Makanan Pemicu Jerawat

1. Makanan Manis

Terlalu sering mengonsumsi makanan manis dapat memicu produksi hormon androgen yang memicu terjadinya produksi minyak berlebih sehingga terjadi penyumbatan kotoran, debu, sisa make-up dan minyak berlebih pada pori-pori yang menyebabkan munculnya jerawat.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung gula bisa menyebabkan hilangnya antioksidan yang berfungsi menjaga kesehatan kulit. Sehingga kulit rentan terserang infeksi bakteri yang menyebabkan munculnya peradangan dan muncul jerawat.

Baca Juga: Kulit Sehat Bercahaya Saat Lebaran Rawat dengan Poduk Skincare ini 

2. Makanan Pedas

Makanan pedas memang nikmat, tapi jika di konsumsi berlebihan bisa menimbulkan jerawat karena mengandung likopen asam yang bisa menyebabkan terjadinya iritasi dan meningkatkan PH kulit. Biasanya setelah makan pedas sobat cakas akan mengeluarkan keringat yang bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

3. Gorengan

Makanan yang di olah dengan cara di goreng bisa menimbulkan jerawat. Makanan yang digoreng dapat merusak nutrisi dan vitamin yang berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit. Karena itu, sobat cakas di sarankan untuk mengurangi mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng atau gorengan.

Baca Juga: Ini Dia Rekomendasi Serum Lokal Untuk Mencerahkan Kulit dan Atasi Jerawat 

4. Kopi

Kafein yang terdapat pada kopi bisa menimbulkan jerawat. Jika mengonsumsi kafein berlebih bisa merusak jam tidur sehingga kulit tidak beregenerasi dengan baik.

5. Kacang

Makanan yang di olah dari kacang-kacangan bisa menimbulkan jerawat, alasannya karena kacang bisa meningkatkan produksi sebum sehingga bakteri yang terdapat pada kulit akan berkembang menjadi jerawat.

Makanan Yang Baik di Konsumsi Untuk Mencegah Jerawat

1. Buah dan Sayuran

Sayuran dan buah-buahan mengandung banyak nutrisi sehingga sangat baik untuk memperbaiki keadaan kulit sobat cakas. Selain itu kandungan beta karoten yang terdapat pada sayur dan buah bermanfaat untuk mengurangi minyak berlebih yang menjadi penyebab munculnya jerawat.

2. Bayam

Kandungan yang terdapat pada bayam berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih pada wajah. Mengonsumsi sayur bayam atau sayur hijau baik untuk kesehatan kulit karena membuat kulit terasa lebih segar, sehat, dan memicu timbulnya jerawat.

Baca Juga: Cara Hilangkan Bulu dan Rambut Halus Dengan Cepat

3. Tomat

Kandungan vitamin A, C, K dan asam salsilat yang terkandung pada tomat mampu mengurangi dan membersihkan jerawat dari wajah. Menggunakan masker tomat secara rutin dapat membersihkan dan mengeksfoliasi kulit untuk menghilangkan sel kulit mati yang menyebabkan penyumbatan pori-pori penyebab munculnya jerawat.

4. Nasi Merah

Nasi merah mengandung vitamin B, protein, magnesium, dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin B berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut, selain itu vitamin b pada beras merah bermanfaat untuk membantu kadar hormon pada tubuh sehingga mencegah terjadinya jerawat.

Baca Juga: Cara Mudah atasi Spider Veins di Wajah

5. Air Putih

Rutin meminum air putih bisa melancarkan sirkulasi darah dan membuang racun yang terdapat pada tubuh, menjaga kelembaban kulit, dan mencegah terjadinya infeksi bakteri penyebab jerawat. Jadi, semakin banyak meminum air putih, kulit sobat cakas akan lebih baik.

Baca Juga: Cara Hilangkan Skin Tag dengan Mudah 

Nah, itu dia sobat cakas makanan pemicu jerawat dan yang baik di konsumsi saat sedang berjerawat. Dapatkan kulit yang sehat dengan menjaga pola makan dan pola hidup yang teratur. Semoga bermanfaat.

Sobat cakas yang punya masalah dengan jerawat, wajah kusam, flek hitam, atau tanda penuaan lainnya yuk segera konsultasikan dengan dokter kami di RSa Aeshtetic Clinic.

Cantik Ayu Kasep Wibawa

Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp