Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.

Ini dia 3 Penyebab dan Cara Mudah Atasi Bercak Putih pada Wajah

-

Daftar Isi

Selain jerawat dan penuaan, bercak putih pada wajah juga cukup mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Munculnya bercak putih pada wajah bisa di sebabkan oleh banyak hal dan penanganannya bisa disesuaikan dengan penyebabnya. Banyak cara yang bisa di lakukan untuk mengembalikan dan meratakan warna kulit wajah seperti semula.

Penyebab Bercak Putih di Wajah

1. Tinea Versicolor

Atau lebih dikenal dengan sebutan panu ialah kondisi kulit yang di sebabkan oleh pertumbuhan jamur. Pada umumnya penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja terutama yang tinggal di daerah lembab atau seseorang dengan imun tubuh yang lemah.

2. Vitiligo

Salah satu kelainan kulit yang terjadi karena kurangnya produksi melanin. Melanin merupakan zat yang menghasilkan berbagai corak dan warna kulit manusia termasuk wajah. Biasanya vitiligo terjadi pada wajah, leher, tangan, dan area lipatan kulit lainnya. Biasanya bercak putih ini lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari, sehingga di sarankan rutin menggunakan tabir surya dengan spf yang lebih tinggi.

3. Cedera Pada Kulit

Salah satu cedera yang bisa menyebabkan munculnya bercak putih seperti luka bakar, infeksi, hingga iritasi yang bisa menyebabkan jaringan kulit rusak. Rusaknya jaringan kulit menyebabkan pigmentasi berkurang sehingga menyebabkan munculnya bercak putih pada area kulit yang terkena luka.

Cara Atasi Bercak Putih di Wajah

Umumnya bercak putih pada wajah tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya. Beberapa cara yang bisa di lakukan untuk memudarkan dan menghilangkan bercak putih pada wajah di antaranya;

1. Gunakan produk perawatan kecantikan sesuai jenis dan kebutuhan kulit

Salah satu penyebab munculnya bercak putih pada wajah ialah karena reaksi alergi terhadap produk kecantikan. Oleh karena itu sebelum menggunakan/membeli produk perawatan kulit pastikan kandungan yang terdapat di dalamnya sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit kalian.

2. Menggunakan tabir surya

Sunscreen atau tabir surya berperan penting untuk melindungi kulit dari kerusakan Akibat paparan sinar uv dan matahari. Selain itu menggunakan sunscreen dengan rutin bisa membantu mencegah dan atasi bercak putih pada wajah.

3. Gunakan Moisturizer/Pelembab

Biasanya pelembab atau Moisturizer mengandung emolien dan kandungan lain yang berfungsi untuk melembapkan kulit dan mengurangi resiko kulit kering.

4. Melakukan prosedur kecantikan

Banyak prosedur kecantikan yang bisa membantu memudarkan bercak putih pada wajah atau mengembalikan warna kulit seperti semula. Salah satunya treatment chemical peeling, perawatan wajah non invasif yang prosesnya dilakukan oleh dokter dengan menggunakan cairan kimia. Chemical peeling berfungsi untuk memperhalus tekstur kulit tak rata akibat penumpukan sel kulit mati, mencerahkan kulit, menyamarkan flek dan noda hitam bekas jerawat.

Nah itu dia beberapa penyebab dan cara atasi bercak putih pada wajah, semoga bermanfaat. Sobat Cakas yang punya masalah dengan bercak putih, penuaan, jerawat, atau masalah kulit dan kecantikan lainnya yuk segera konsultasikan dengan dokter kami di RSa Aeshtetic Clinic.

Cantik Ayu Kasep Wibawa

Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp