Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.

Harus Tahu! Begini Cara Mudah Atasi Jerawat Berdasarkan Jenisnya

-

Daftar Isi

Jerawat merupakan penyakit kulit yang terjadi karena produksi minyak berlebih dan sel kulit mati yang menumpuk sehingga pori-pori tersumbat dan menimbulkan bakteri penyebab jerawat. Munculnya jerawat menjadi permasalahan bagi sebagian orang. Selain mengganggu penampilan, jerawat juga bisa menurunkan rasa percaya diri.

Sobat cakas sudah pada tahu belum kalau jerawat banyak jenisnya dan cara menanganinya juga berbeda. Sekarang kita akan kasih tahu cara atasi jerawat berdasarkan jenisnya.

Jenis- Jenis Jerawat

Kulit wajah akan mengeluarkan minyak melalui kelenjar sebasea atau biasa di sebut sebum. Jerawat biasanya muncul ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati yang mengakibatkan pori-pori tersumbat kemudian terbentuk komedo. Jika komedo pecah bisa menimbulkan jerawat.

1. Komedo Putih (Whiteheads)

Jenis jerawat whiteheads yang paling mudah di kenal dan disebabkan oleh minyak, sel kulit mati, dan kotoran yang menumpuk sehingga pori-pori tersumbat dan menyebabkan munculnya benjolan kecil berwarna putih yang biasa di sebut komedo putih atau whiteheads.

Selain itu, pengaruh hormon juga bisa menjadi penyebab munculnya whiteheads. Pada masa pubertas dan haid jumlah sebum yang di produksi pada pori-pori akan meningkat sehingga pori-pori tersumbat dan menimbulkan komedo putih (whitehead). 

Cara mengatasi whitehead yaitu dengan menjaga area kebersihan wajah agar terhindar dari bakteri dan sel kulit mati yang menumpuk. Biasanya akan hilang dengan sendirinya kurang lebih satu minggu. 

Jika sobat cakas ingin jerawat jenis ini segera hilang, di sarankan untuk membersihkan wajah pada pagi dan malam hari menggunakan pembersih wajah atau facial wash dari RSa Aeshtetic Clinic for Acne yang mengandung bahan aktif anti acne yang bisa membersihkan kotoran, minyak berlebih, dan sisa make up pada kulit wajah. Menjadikan wajah sehat, cerah dan terhindar dari bakteri penyebab jerawat.

2. Komedo Hitam (Blackheads)

Blackheads adalah benjolan kecil yang terbentuk pada kulit karena folikel rambut yang tersumbat. Salah satu jenis komedo yang sering di temukan adalah komedo hitam atau blackheads yang jika di biarkan begitu saja bisa menimbulkan jerawat. 

Blackheads di sebabkan oleh beberapa faktor seperti tidak menjaga kebersihan wajah, dan penggunaan make up yang tidak cocok dengan jenis kulit. 

Untuk mengatasinya sobat bisa melakukan ekstraksi untuk menghilangkan komedo yang menyumbat pori-pori. Tapi, alangkah baiknya sobat melakukan konsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat untuk menghindari penyebaran bakteri yang bisa memperburuk kondisi kulit.

3. Papula

Jerawat papula menonjol, padat dan terasa nyeri saat di sentuh, tampak kemerahan, tapi tidak mengandung nanah. Meskipun bukan kondisi yang serius, namun dapat mengganggu penampilan sehingga banyak orang menginginkan kondisi ini di tangani dengan tepat.

Jerawat papula muncul karena terjadinya penyumbatan dan peradangan pada pori-pori wajah yang di tandai dengan munculnya benjolan padat berukuran kecil yang muncul pada wajah, dada dan punggung.

Cara mengatasi papula yaitu dengan membersihkan kulit wajah secara rutin (2 kali sehari), gunakan produk pembersih wajah atau facial wash sesuai jenis kulit, hindari menyentuh, menggaruk, dan jangan memecahkan jerawat sendiri karena bisa membuat jerawat semakin meradang dan menyebabkan luka pada permukaan kulit yang mungkin meninggalkan bekas.

4. Pustula

Benjolan kecil pada permukaan kulit wajah yang berisi nanah yang di tandai dengan benjolan kecil di permukaan kulit yang ukurannya lebih besar dari komedo dengan puncak berwarna putih dan kulit sekitarnya berwarna kemerahan. Biasanya pustula muncul di area wajah.

Jerawat jenis pustula termasuk salah satu tanda jerawat inflamasi atau jerawat meradang. Disarankan untuk tidak memencet  ujung jerawat yang bernanah karena bisa memperparah kondisi jerawat dan menimbulkan bekas yang sulit hilang.

5. Nodul

Jenis jerawat yang terbentuk pada lapisan bawah kulit yang terasa keras dan sakit. Tidak seperti jerawat pada umumnya yang bisa sembuh dalam beberapa hari, nodul biasanya berlangsung selama berminggu minggu hingga berbulan bulan. 

Nodul terjadi ketika pori-pori tersumbat akibat penumpukan sel kulit mati, minyak berlebih, dan bakteri sehingga terjadi iritasi dan bisa mengalami peradangan hingga menembus lapisan kulit terdalam sehingga jerawat nodul di kategorikan jerawat yang parah. 

Cara mengatasinya yaitu dengan rajin membersihkan wajah 2 kali sehari dan menggunakan rangkaian produk skincare non-comedogenic (tidak menyebabkan komedo), non acnegenic (tidak menyebabkan jerawat, atau oil free (bebas minyak). Hindari penggunaan make-up terlalu tebal dan selalu membersihkan make-up sebelum tidur. Jangan lupa gunakan sunscreen karena paparan sinar matahari bisa memperburuk kondisi jerawat.

Untuk penanganan jerawat nodul lebih lanjut, di sarankan melakukan perawatan dokter agar proses penyembuhannya cepat dan minim resiko.

Nah itu dia sobat cakas Jenis- jenis jerawat dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat. Sobat cakas yang punya keluhan dengan jerawat, komedo, wajah kusam, ataupun masalah kulit dan kecantikan lainnya, yuk segera konsultasikan dengan dokter kami di RSa Aeshtetic Clinic.

Cantik Ayu Kasep Wibawa

Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *