Ada Yang Bisa Kami Bantu? Chat Kami Sekarang.

Cara Mudah Atasi Bopeng Pada Wajah

-

Daftar Isi

Seseorang yang memiliki permasalahan jerawat akan memiliki rasa khawatir akan kemunculan bopeng atau bekas jerawat meradang. Bopeng memang bukan penyakit yang serius tapi bisa membuat rasa percaya diri seseorang menurun.

Bopeng adalah bekas jerawat yang cukup dalam pada kulit. Biasanya berbentuk cekung seperti lubang yang terjadi ketika lapisan kulit bagian dalam mengalami kerusakan dan bopeng tidak bisa menghilang dengan sendirinya. Apa saja faktor penyebab terjadinya bopeng, dan bagaimana cara mengatasinya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Munculnya Bopeng 

Kebiasaan memencet jerawat atau menggaruk wajah berjerawat dengan tangan kotor sampai jerawat pecah bisa menyebabkan bopeng. Kelenjar minyak pada lapisan kulit dalam pecah sehingga menimbulkan luka yang biasa disebut jaringan parut untuk menarik kulit lapisan atas sehingga menimbulkan bekas cekung seperti berlubang atau biasa disebut bopeng.

Bekas luka atrofi atau lebih di kenal bopeng termasuk jenis luka yang memiliki sedikit kandungan kolagen sehingga proses penyembuhannya lama. Bekas luka tumbuh menutupi luka, tapi jumlah jaringan yang di produksi tidak cukup untuk menutupi area yang rusak. Akibatnya, bekas luka cenderung tampak kempis atau cekung.

Baca Juga: Cara Mudah Atasi Jerawat Berdasarkan Bentuknya 

Cara Atasi Bopeng Dengan Mudah

1. Menjaga Kebersihan Jerawat

Sobat cakas yang wajahnya sedang ditumbuhi jerawat harus extra dalam menjaga kebersihan wajah. Gunakan face tonic yang di teteskan pada kapas, lalu tempelkan pada bagian wajah yang berjerawat. Tujuannya untuk memutus rantai penyebaran bakteri pada sekitar jerawat.

Rsa Face Tonic Acne bisa di jadikan solusi untuk mengatasi jerawat karena mengandung bahan anti acne yang dapat membersihkan wajah berjerawat dari kotoran, debu, minyak berlebih, dan sisa make up yang masih menempel pada wajah. Menjadikan wajah terasa lebih segar dan terhindar dari bakteri penyebab jerawat.

2. Hindari Menyentuh Jerawat

Ketika wajah sedang berjerawat hindari kebiasaan menyentuh wajah. Pastikan membersihkan tangan bersih sebelum menyentuh wajah dan hindari kebiasaan untuk menyentuh jerawat yang sedang meradang.

3. Jangan Menggosok Terlalu Keras Saat Membersihkan Wajah

Ketika wajah sedang mengalami jerawat, pastikan untuk selalu berhati-hati ketika membersihkan wajah. Hindari menggosok wajah terlalu keras karena jerawat sangat sensitif. Jika terlalu keras menggosoknya jerawat bisa saja pecah dan terjadi peradangan, infeksi, hingga timbul jerawat baru.

Baca Juga: Cara Atasi Jerawat Berdasarkan Jenisnya 

4. Pastikan Menggunakan Produk Yang Sesuai

Ketika wajah sedang berjerawat, hindari penggunaan kosmetik seperti alas bedak dan concealer pada bagian yang berjerawat, karena bisa memudahkan bakteri untuk masuk ke dalam kulit kemudian berkembang biak, dan terjadi penyumbatan serta peradangan karena penggunaan kosmetik atau produk perawatan yang tidak sesuai jenis dan kebutuhan kulit.

5. Melakukan Perawatan di Klinik Kecantikan 

Salah satu cara atasi bopeng yang bisa sobat cakas lakukan yaitu melakukan treatment di klinik kecantikan. Beberapa treatment yang bisa membantu atasi masalah bopeng dan jerawat di antaranya;

  • Dermaroller

Perawatan kulit wajah menggunakan roller kecil yang di lengkapi dengan jarum ukuran mikro. Treatment ini bersifat ablatif (melukai) karena jarum yang di gunakan akan melukai kulit untuk merangsang produksi kolagen dan meregenerasi kulit. Luka yang di hasilkan oleh jarum menjadi jalan masuk serum menuju lapisan kulit wajah yang berjerawat.

Baca Juga: Cara Ampuh Atasi Bopeng (Acne Scars) 

  • Laser Co2

Merupakan salah satu prosedur perawatan yang menggunakan gas karbondioksida (CO2). Laser CO2 bersifat ablatif yang bertujuan untuk meratakan scar atau bopeng, memperbaiki tekstur kulit tidak merata, mengecilkan pori-pori, meremajakan kulit, mengurangi kerutan dan garis halus pada wajah, menjadikan wajah lebih halus dan lembut.

  • PRP Treatment

Platelet Rich Plasma yaitu perawatan wajah menggunakan plasma darah yang di perkaya dengan trombosit. Treatment ini bekerja dengan melakukan pengambilan darah pada bagian tubuh pasien, kemudian darah pasien akan di proses menjadi PRP dengan memisahkan antara plasma, serum, dan darah lainnya, lalu menyuntikan plasma atau cairan bening yang di hasilkan pada bagian wajah pasien yang bertujuan untuk menghilangkan bopeng, bekas jerawat ,dan bekas luka.

  • Microdermabrasi

Perawatan wajah yang untuk meremajakan kulit dengan mengangkat sel kulit mati menggunakan diamond berukuran halus yang bertujuan untuk menghaluskan, mencerahkan, mengurangi hiperpigmentasi, bekas jerawat, dan bopeng. Membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan cerah bercahaya.

Baca Juga: Cara Mudah Hilangkan Bruntusan di Wajah 

Nah itu dia sobat cakas, beberapa cara yang bisa di lakukan untuk atasi jerawat dan bekas jerawat (bopeng) pada wajah, semoga bermanfaat. Selain menyediakan layanan perawatan wajah, Rsa Skincare menyediakan berbagai rangkaian produk skincare yang bisa di dapatkan melalui shopee, lazada, cs admin, atau langsung dateng ke RSa Aeshtetic Clinic.

Cantik Ayu Kasep Wibawa

 

Klinik RSa Aesthetic

Klinik RSa Aesthetic

Klinik Treatment Kecantikan Berkualitas di Bandung

Bagikan Artikel Via:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *